Setyawan, Wawan Herry. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran t-mobile learning berbasis android Untuk meningkatkan Kemampuan Listening Mahasiswa. Disertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing 1. Prof Dr. Rusijono, M.Pd. dan II. Dr. Miftakul Jannah, M.si,Psikolog.
Kata-kata Kunci: model t-mobile learning, berbasis android, kemampuan listening.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan listening mahasiswa UNISKA Kediri. Menguji kelayakan dan keefektifan model memalui perangkat mobile berbasis android.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) untuk menghasilkan model pengembangan aplikasi mobile learning yang tujuannya dapat meningkatkan kemampuan listening mahasiswa UNISKA Kediri. Model yang digunakan adalah Dick and Carey sebagai tahap pengembangan model. Variabel bebas penelitian adalah model t-mobile learning berbasis android dan variabel terikat adalah kemampuan listening mahasiswa.
Hasil yang diperoleh sebagai berikut: rata-rata validasi model pembelajaran t-mobile learning berdasarkan ahli adalah 3,29 sehingga dengan kategori kriteria valid, sehingga dapat disimpulkan model t-mobile learning tersebut layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan kesimpulan tersebut. Untuk mengetahui tingkat keefektifan model diperoleh dengan analisi uji–t, dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya ada signifikan perbedaan setelah mendapatkan pembelajaran melalui model t-mobile learning berbasis aplikasi android efektif untuk meningkatkan kemampuan listening mahasiswa.
Setyawan, Wawan Herry. 2019. Developing Model Instruction T-mobile learning Android based for improving listening ability of students. Disertation, Study of Education Technology, Postgraduate Program of Universitas Negeri Surabaya. Adviser 1. Prof Dr. Rusijono, M.Pd. dan II. Dr. Miftakul Jannah, S.Psi., M.PSikolog.
Keysword: t-mobile learning model, android based, listening ability.
This research aims to produce a mobile learning based model to improve listening ability of UNISKA Kediri students. And test the
feasibility and effectiveness of the model through an Android-based mobile device.
This study used the research and development (R & D) method to produce a mobile learning application development model that aims
to improve listening skills of UNISKA Kediri students. The model used Dick and Carey as the model development stage. The
independent variable of the study is the android-based t-mobile learning model and the dependent variable is student listening ability.
The result average validation of the t-mobile learning learning model based on experts is 3.29 so that the criteria category is valid, so it
can be concluded that the t-mobile learning model is feasible to use in learning with these conclusions. To determine the effectiveness of
the model obtained by analyzing the t-test, with an increase in the average student learning outcomes of the Sig (2-tailed) value of 0,000
<0,05. This means that there are significant differences after getting learning through the T-mobile learning model based on effective
android applications to improve student listening ability