Kemampuan keaksaraan termasuk dalam aspek perkembangan bahasa. Kemampuan keaksaraan harus dimiliki anak agar kemampuan membaca dan menulis dapat dikuasai anak di kemudian hari.Pada kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Kedungpandan dan TK Dharma Wanita Persatuan Semambung ditemukan bahwa kemampuan keaksaraan anak masih kurang dalam hal menulis huruf. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam hal ini adalah teknik modifikasi fading. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik modifikasi fading terhadap kemampuan keaksaraan pada kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Jabon Sidoarjo.Jenis penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan rancangan Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 30 anak anak kelompok A yang terdiri dari 15 anak di TK Dharma Wanita persatuan Kedungpandan dan 15 anak di TK Dharma Wanita persatuan Semambung Jabon Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan uji Mann Whitney yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16 maka didapatkan hasil Asymp.Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0,011 kurang dari 0,05 atau 0,011<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan keaksaraan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki selisih nilai pre-test dan post-test lebih tinggi daripada kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik modifikasi fading memberi pengaruh pada perubahan signifikan pada hasil nilai kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh teknik modifikasi fading terhadap kemampuan keaksaraan kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Jabon Sidoarjo.
Kata kunci: teknik modifikasi fading, kemampuan keaksaraan.
Literacy skills are included in aspects of language development. Literacy skills must be possessed by children so that the ability to read and write can be mastered by children in the future. In A group TK Dharma Wanita Persatuan Kedungpandan Association and TK Dharma Wanita Persatuan Semambung it was found that children's literacy skills were still lacking in writing letters. One technique that can be used in this case is the fading modification technique. The purpose of this study was to determine the effect of fading modification techniques on literacy skills in the A group TK Dharma Wanita Persatuan Jabon Sidoarjo. This type of research uses the type of experiment with the design of the Quasi Experimental type of Nonequivalent Control Group Design. The number of samples in this study were 30 children of group A consisting of 15 children at the TK Dharma Wanita Persatuan Kedungpandan and 15 children at the TK Dharma Wanita Persatuan Semambung Jabon Sidoarjo. Data collection techniques used in this study are testing techniques, observation, and documentation. Data analysis techniques in this study are hypothesis testing using the Mann-Whitney test. Based on the Mann Whitney test carried out with the help of SPSS 16, the Asymp. Sig results were obtained. (2-tailed) shows a value of 0.011 less than 0.05 or 0.011 <0.05. Then it can be concluded that there are differences in ability in the experimental class and control class. The experimental class has a higher pre-test and post-test difference than the experimental class. This shows that the fading modification technique has a significant effect on the results of the experimental class values.So that it can be concluded that there is the effect of fading modification techniques on literacy skills of the A group TK Dharma Wanita Persatuan Jabon Sidoarjo.
Keywords:fading modification techniques, literacy ability.