ABSTRAK
PENGEMBANGAN
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI BIOENTERPREUNERSHIP MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK
MELATIHKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN PESERTA
DIDIK KELAS XII SMA
Bioentrepreneurship
merupakan pembelajaran yang mengaitkan proses belajar dengan ekonomi serta fenomena disekitar. Pembelajaran Bioentrepreneurship bertujuan untuk
melatihkan minat kewirausahaan dan memiliki empat tahap yaitu menentukan,
merencanakan, membuat, serta memasarkan . Tujuan dari penelitian ini adalah
Menghasilkan LKPD berorientasi Bioentrepreneurship
untuk melatihkan minat kewirausahaan peserta didik pada materi pertumbuhan dan
perkembangan pada kelas XII SMA yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan,
dan keefektifan guna menunjang proses pembelajaran di sekolah. LKPD yang dikembangkan
menggunakan desain penelitian model 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Dessiminate .
Namun pada tahap dessiminate tidak
dilakukan. Uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik kelas XII IPA
8 SMA Negeri 16 Surabaya. Parameter dalam penelitian ini meliputi validitas
yang dilihat dari hasil validitas para ahli, kepraktisan yang dilihat dari
aktivitas peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran, dan keefektifan yang
dilihat dari minat kewirausahaan, respon peserta
didik, dan produk yang dihasilkan . Penelitian dilakukan menggunakan metode
validasi, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan meliputi lembar
validasi, lembar keterlaksaan pembelajaran, lembar aktifitas peserta didik,
lembar minat kewirausahaan, lembar respon peserta didik, dan lembar penilaian
produk dan pemasaran. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis
validitas, analisis keterlaksanaan, analisis aktifitas, analisis minat
kewiraushaan, analisis respon, dan analisis penilaian produk. Hasil penelitian
menunjukkan validitas LKPD yang dikembangkan sebesar 3,56 dengan kategori
sangat layak. Kepraktisan LKPD berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan hasil
sebesar 85,3% dengan kategori praktis dan berdasarkan observasi aktivitas peserta
didik mendapatkan hasil sebesar 96,62 % dengan kategori sangat praktis. Keefektifan
yang dilihat dari minat wirausaha peserta didik sebesar 85%, respon peserta
didik mencapai 96%, dan produk yang dihasilkan sebesar 3,64 dengan
kategori sangat layak.
Kata kunci: Lembar Kegiatan Peserta
didik (LKPD), Bioentrepreneurship, minat
kewirausahaan, materi pertumbuhan dan perkembangan.