Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari siswa yang diajar menggunakan Collaborative Strategic Reading dan siswa yang tidak. Sebuah penelitian eksperimental disusun untuk mencapai tujuan tersebut. Subjek dari penelitian ini adalah dua kelas dari kelas XI di SMAN 1 Cerme yang mana dibedakan menjadi kelas eksperimental dan control. Kelas tersebut dipilih secara acak dengan menggunakan metode cluster random sampling. Selain itu, penelitian ini menggunakan test yakni pre-test and post-test sebagai instrument. Dan lagi, Independent Sample T-test dan Paired Sample T-test digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari Paired Sample T-test menunjukkan signifikan level sebesar ,000 yang mana mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai dari siswa di eksperimental grup pada saat sebelum dan sesudah treatment. Eta Square juga menunjukkan efek yang besar sebesar .83. Selain itu, hasil dari Independent Sample T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata post-test siswa antara kedua kelas yang mana kelas eksperimental mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari kelas control. Hal ini dibuktikan dengan level signifikan sebesar .000 dan Eta Square yang bernilai 0,2147. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan diantara kedua grup dimana siswa yang diajar menggunakan Collaborative Strategic Reading mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan metode lain. Selanjutnya, hasil temuan dati penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru untuk guru dan penelitian dimasa depan untuk mengimplentasikan Collaborative Strategic Reading untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
The purpose of this study is to discover whether there is any significant difference between students’ who are taught by using Collaborative Strategic Reading and those who are not. An experimental study was arranged in order to pursue this objective. The subjects of this study were the two classes of eleventh graders in SMAN 1 Cerme. Both classes were chosen randomly by using cluster random sampling. Moreover, this study was using test (pre-test and post-test) as an instrument. The students’ score obtained from the pre-test and post-test afterward were analyzed by using Independent Sample T-test and Paired Sample T-test in SPSS. Result of independent sample t-test showed that there was a significant difference between mean scores of post-test among both groups in where the experimental group got greater mean score than the control group. It is proven by the level of Sig. (2-tailed) which equal to .000. Moreover, the result of paired sample t-test also indicated that there is a significant difference between experimental students’ pre-test and post-test score. The Sig. (2-tailed) is equal to .000. It can be concluded that there is a significant difference between both groups where the students who are taught by using Collaborative Strategic Reading got a higher score than those who are not. Moreover, this study suggested the use of Collaborative Strategic Reading as a way to improve students’ higher-order thinking skills.