Pengembangan E-Modul Perencanaan Dan Pengambilan Keputusan Karier Untuk Siswa SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Bimbingan Karier dengan topik, Perencanaan dan Pengambilan Keputusan Karier Untuk Siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Develepment (R&D) yang menggunakan Model pengembangan sistem intruksional Dick & Carey. Langkah-langkah penyusunan E-Modul P-PKK dijelaskan sebagai berikut: Tahap 1. Studi kepustakaan,literasi dan media yang berhubungan dengan E-Modul P-PKK. Tahap 2. Menyusun draf awal E-Modul P-PKK berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Tahap 3. Proses pengembangan draf awal menjadi suatu prototipe E-Modul P-PKK akan dilakukan penilaian validasi ahli. Tahap 4. Proses pengembangan melalui uji coba kelompok kecil calon pengguna E-Modul P-PKK yaitu guru BK dan siswa, tentang keterlaksanaan: 1).kesesuaian prosedur dan tujuan layanan pembelajaran/bimbingan 2).Keterlaksanaan informasi karier meliputi aspek, (a).ketepatan (b).kebaruan (c).kegunaan (d).kemenarikan (e).keterpaduan. Tahap 5. Produk revisi dilakukan uji coba lapangan terbatas untuk mendapatkan penilaian oleh calon pengguna guru BK dan siswa yang kriterianya sama dengan uji coba kelompok kecil dengan subyek yang lebih banyak, sehingga dapat ditetapkan produk revisi E-Modul P-PKK siap digunakan. Berdasarkan hasil temuan penelitian pada uji coba lapangan terbatas dapat disimpulkan bahwa semua aspek yang telah dipaparkan pada hasil dan pembahasan laporan penelitian ini menguraikan tingkat kesesuaian dan keterlaksanaannya,dari semua aspek informasi rata-rata subjek pengguna guru BK tertinggi menilai baik= 72 %, dan siswa= 71 % atau dengan kata lain tingkat kelayakannya secara empirik baik
This study aims to develop a Career Guidance E-Module with the topic, Career Planning and Decision Making for High School Students. This type of research is Research and Development (R&D) which uses the Dick & Carey instructional system development model. The steps for preparing the P-PKK E-Module are explained as follows: Stage 1. Study of literature, literacy and media related to the P-PKK E-Module. Stage 2. Prepare an initial draft of the P-PKK E-Module based on the established criteria. Phase 3. The process of developing the initial draft into a prototype of the P-PKK E-Module will be subject to an expert validation assessment. Stage 4. The development process through a small group trial of prospective users of the P-PKK E-Module, namely BK teachers and students, regarding implementation: 1). suitability of procedures and objectives of learning/guidance services 2). Implementation of career information includes aspects, (a) .accuracy (b). novelty (c). usefulness (d). attractiveness (e). cohesiveness. Stage 5. The revised product is carried out with a limited field trial to get an assessment by prospective BK teacher users and students whose criteria are the same as small group trials with more subjects, so that the revised product of the P-PKK E-Module is ready to be used. Based on the research findings in the limited field trial, it can be concluded that all the aspects that have been described in the results and discussion of this research report describe the level of suitability and implementation = 71% or in other words the level of feasibility is empirically good.
Keywords: E-Modul, P-PKK.