Hubungan Manajemen Waktu dengan Capaian Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga ( Studi pada Mahasiswa Penor Angkatan 2017 dan 2018)
The Relationship Between Time Management and Student Achievement in The Departement Of Physical Education (Studies in 2017 and 2018)
Hubungan Manajemen Waktu Dengan Capaian Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2017 dan 2018)
Nama : Liana Rokhanita
NIM : 16060464064
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Jurusan : Pendidikan Olahraga
Fakultas : Ilmu Olahraga
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Advendi Kristiyandaru, M. Pd
Manajemen waktu adalah upaya menggunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin dalam mewujudkan mana yang menjadi skala prioritas dengan perencanaan yang terorganisasi serta memperhatikan 4 aspek manajemen waktu yaitu penetapan tujuan, mekanisme manajemen waktu, kontrol terhadap waktu dan preferensi terhadap waktu. Capaian prestasi belajar mahasiswa tidak hanya ditentukan dari nilai tugas teori namun juga praktek lapangan, sehingga membutuhkan pengaturan waktu latihan. Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah hubungan antara manajemen waktu dengan capaian prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga angkatan 2017 dan 2018 Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 Jurusan Pendidikan Olahraga. Untuk menentukan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling, sedangkan instrument yang digunakan berupa angket TMBS (Time Management Behavior Scale) yang dibagikan kepada 79 mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis korelasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat kemampuan manajemen waktu mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga angkatan 2017 dan 2018 dalam kategori sedang (M=182,78), sedangkan tingkat capaian prestasi belajar (IPK) kategori sedang atau predikat pujian (M=3,34). Hasil analisis korelasi menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara manajemen waktu dengan capaian prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga angkatan 2017 dan 2018 dengan nilai signifikan 0,834 atau p value >0,05. Manajemen waktu belum menjadi faktor utama dalam perolehan capaian prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga karena mahasiswa cenderung bergantung dengan teman-temannya dalam penyelesaian tugas serta karakter penilaian dosen yang memiliki cara berbeda-beda. Selain itu mahasiswa yang memiliki prestasi dalam pengabdian kepada Unesa memiliki nilai lebih atau hak istimewa.
Kata kunci: Manajemen waktu, aspek manajemen waktu, prestasi belajar
Name : Liana Rokhanita
Study Program : S-1 Physical, Health and Recreation Education
Departement : Sports Education
Faculty : Sports Sciences
Institution : State University of Surabaya
Mentors : Dr. Advendi Kristiyandaru, M. Pd.
Time management is an effort to use time as effectively and efficiently as possible in realizing which is the priority scale with organized planning and pay attention to 4 aspects of time management, namely goal setting, time management mechanism, control of time and time preference. Student achievement is not only determined from the value of theoretical assignments but also field practice, so that requires practice time management. This study aims to determine whether there is a relationship between time management and student achievement in the Department of Physical Education in the class of 2017 and 2018 Faculty of Sports Science, State University of Surabaya. This type of research is descriptive with a quantitative approach. The population of this research is the students of 2017 and 2018 Department of Physical Education. To determine the research sample using the Simple Random Sampling technique, while the instrument used was a TMBS (Time Management Behavior Scale) questionnaire distributed to 79 students. Data analysis technique in this research is using correlation analysis.
The results of the research conducted showed that the level of time management ability of Department of Physical Education students in the 2017 and 2018 classes was in the moderate category (M = 182.78), while the level of Grade Point Average (GPA) was in the moderate category or predicate of praise (M = 3.34) . The results of correlation analysis using SPSS version 25 indicate that there is no significant relationship between time management and student achievement in the Department of Physical Education for the classes of 2017 and 2018 with a significant value of 0.834 or p value> 0.05. Time management has not been a major factor in the acquisition of student achievement in the Department of Physical Education because students tend to depend on their peers in completing assignments as well as the character of assessment of lecturers who have different ways. Besides that students who have achievements in devotion to Unesa have more value or privileges.
Keywords: Time management, aspects of time management, learning achievement