KONSTRUKSI RADIKALISME BAGI MAHASISWA CELANA CINGKRANG DAN CADAR DI SURABAYA
RADICALISM CONSTRUCTION FOR STUDENTS OF SIRWAL PANTS AND VEIL IN SURABAYA
Latar belakang penelitian ini yakni konstruksi masyarakat mengenai radikalisme yang diidentikkan dengan atribut agama, seperti celana cingkrang dan cadar. Terutama dalam ruang lingkup kampus yang menjadi sarang penyebaran radikalisme. Oleh karena itu, melalui teori konstruksi sosial Peter L. Berger, maka penelitian ini menggali konstruksi radikalisme bagi mereka yang dikonstruksikan radikal oleh masyarakat, yakni mahasiswa celana cingkrang dan cadar. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik maupun konstruksi radikalisme menurut mahasiswa celana cingkrang dan cadar. Adapun pendekatan kualitatif yang digunakan, melalui observasi, wawancara maupun dokumentasi. Sedangkan hasil penelitian ini memaparkan bahwa terdapat potensi beberapa mahasiswa yang mengarah pada radikalisme melalui proyeksi sistem negara agama Islam. Terlebih, mahasiswa celana cingkrang dan cadar juga mengkonstruksikan radikalisme sebagai kekerasan, ekstremisme, egosentris, tindakan mengkafirkan, sikap intoleran, menyimpang, menuntut perubahan, kontra pada pemerintah, proyeksi untuk membenci agama tertentu, membawa nama Islam dan berorientasi keilmuan. Sedangkan bagi mahasiswa celana cingkrang dan cadar sendiri, tidak mempermasalahkan mengenai stigma radikal yang melekat pada penggunaan celana cingkrang dan cadarnya. Hanya saja, beberapa ada yang mempertanyakan ambiguitas gagasan radikalisme oleh pemerintah dan aparatur represif negara.
The background of this research is the society's construction of radicalism which is identified with religious attributes, such as sirwal pants and veils. Especially in the campus scope which is the hotbed for the spread of radicalism. Therefore, through the social construction theory of Peter L. Berger, this research explores the construction of radicalism for those who are radically constructed by society, namely students of sirwal pants and veils. So that the purpose of this study is to identify the characteristics and constructs of radicalism according to students in sirwal pants and veils. The qualitative approach used, through observation, interviews and documentation. Meanwhile, the results of this study indicate that there is a potential for some students to lead to radicalism through the projection of the Islamic religious state system. Moreover, students with short pants and veils also construct radicalism as violence, extremism, egocentricity, acts of infidelity, intolerance, deviance, demanding change, counter-government, projections to hate certain religions, carry the name of Islam and are scientifically oriented. Meanwhile, students of sirwal trousers and veils themselves did not question the radical stigma attached to the use of sirwal pants and veils. However, some have questioned the ambiguity of the idea of radicalism by the government and the state's repressive apparatus.