PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF MONOPOLY MEDIA ON LEARNING POETRY WRITING FOR IV GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL
Pada penelitian ini telah dikembangkan media monopoli materi menulis puisi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar yang bertujuan untuk memaparkan kevalidan serta kepraktisan sarana pembelajaran monopoli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi materi dan media, serta angket tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian kevalidan materi dan media yang diperoleh dari hasil uji validasi materi dan media menunjukkan 88%. Hasil penelitian kepraktisan yang diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 94% dan guru sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli yang telah dikembangkan dengan materi menulis puisi sangat valid dan sangat praktis diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, monopoli, menulis, puisi
In this research, monopoly learning media material writing poetry in grade IV elementary school with the aim to describe the validity and practicality of monopoly learning facilities. The type of research use development research with the ADDIE model of five steps, namely analyze, design, development, implementation, and evaluation. The subject of the study was a IV grade of elementary school. The instrument use is the validation of material and media, questionnaire of student and teacher responses. The result of research on the validity of material and media obtained from the result of material and media validation test showed 88%. The result of practicality research obtained from the result of student response questionnaires by 94% and teachers by 100%.. Based on the results that have been developed with poetry writing material is very feasible and very practically implemented on learning activities.
Keyword: development, monopoly, write, poetry