Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif dengan permodelan 3 dimensi untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial pada sub materi gaya antar molekul. Penting dalam mempelajari ilmu kimia, dibutuhkan multipel representasi, dimana untuk representasi mikroskopis dan simbolik dibutuhkan suatu permodelan dan kecerdasan visual spasial yang baik. Permodelan dapat diintegrasikan menggunakan teknologi informasi (IT) dalam suatu multimedia untuk proses pembelajaran yang lebih efektif. Kelayakan multimedia yang dikembangkan ditinjau berdasarkan kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan metode 4D milik Thiagarajan modifikasi Ibrahim & Wahyusukartiningsih yang dibatasi hanya sampai pada uji coba pada tahap pengembangan. Penelitian diikuti oleh 25 peserta didik SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Uji coba terbatas dilaksanakan dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu; 1) Validitas isi dari multimedia memperoleh persentase skor sebesar 84,44% dengan kategori sangat valid dan validitas konstruk memperoleh persentase skor sebear 87,85% dengan kategori sangat valid; 2) Kepraktisan penggunaan multimedia ditinjau dari lembar observasi aktivitas peserta didik dengan persentase 91,38% dengan kategori sangat praktis dan lembar angket respon dengan persentase 93,84% dengan kategori sangat praktis; 3) Keefektifan penggunaan multimedia ditinjau dari N-gain pretest dan posttest pada hasil belajar pada rentang 0,7dan N-gain visual spasial pada rentang 0,6 dalam kategori sedang.
Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Kecerdasan Visual Spasial, Kelayakan, Gaya Antar Molekul.
The purpose of this study is to determine the feasibility of 3-dimensional interactive multimedia which already developed to foster visual-spatial intelligence in intermolecular forces lesson. It’s important when learning chemistry to understand multiple representations which are to understand microscopic and symbolic representation needs a model and good visual-spatial ability. The model may be able integrated using IT in multimedia for a more effective learning process. The multimedia feasibility is reviewed based on validity, practicality, and effectiveness. This study uses the 4D method by Thiagarajan modified by Ibrahim & Wahyusukartiningsih which limited only at the developing stage. This study involves 25 students from SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Development test conducted by one group pretest-posttest. The results obtained from this study are; 1) The content validity of multimedia obtained a percentage score of 84,44% with a very valid category and construct validity obtained a percentage score of 87,88% with a very valid category; 2) Practical use of multimedia in terms of student activity observation sheets with a percentage of 91,38% with a very practical category and a questionnaire response sheet with a percentage of 93,84% with a very practical category; 3) The effectiveness of the use of multimedia in terms of the N-gain pretest and posttest on learning outcomes in the range 0,7 and visual-spatial N-gain in the range 0,6 in the medium category.
Keywords: Interactive Multimedia, Visual-Spatial Intelligence, Feasibility, Intermolecular Forces.