PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERORIENTASI APLIKASI
SET.A.LIGHT 3D MATERI TEKNIK PENCAHAYAAN PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS
PERCETAKAN KELAS XI MULTIMEDIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
Nama :
M David Irsyadus Sholihin
NIM :
19050974068
Program Studi :
S1 Pendidikan Teknologi
Informasi
Fakultas :
Teknik
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing :
IGL Putra Eka Prismana, S.Kom.,
M.Kom., M.M.
Desain Grafis Percetakan (DGP) merupakan salah satu mata pelajaran wajib
yang harus dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik program keahlian multimedia.
Mata pelajaran DGP terbagi dalam 2 materi pokok, yaitu materi desain grafis
pada semester 1 dan materi fotografi di semester 2. Teknik pencahayaan dalam
pengambilan gambar adalah salah satu materi yang ada dalam fotografi. Menurut
hasil observasi siswa masih sulit untuk memahami materi dan sibuk dengan
kegiatan mereka masing-masing, hal tersebut dikarenakan belum adanya bahan ajar
dan media yang inovatif yang membahas mengenai teknik pencahayaan dalam
pengambilan gambar. Oleh karena itu pengembangan modul pembelajaran
berorientasi aplikasi set.a.light 3D pada materi teknik pencahayaan dan
didukung dengan teknologi Augmented Reality Video merupakan solusi yang
cukup efektif dalam mengatasi permasalahan yang terjadi.
Pengembangan yang dilakukan menggunakan model 4D dengan
tahapan define, design, development, dissemination . Dalam tahapan
tersebut proses validasi media dinilai oleh ahli dari aspek materi dan media.
Respon siswa didapatkan dari penyebaran angket ke siswa. Selain itu dilakukan
uji T untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi teknik
pencahayaan.
Validasi materi untuk modul
pembelajaran mendapatkan nilai 0,87 dan validasi media 0,95 yang dikategorikan
dalam validitas tinggi. Hasil respon siswa rata-rata setuju dengan modul
pembelajaran yang dikembangkan dengan nilai 3,60. Hasil uji T menunjukkan bahwa
modul pembelajaran berorientasi aplikasi set.a.light 3D dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dengan hasil T hitung > T tabel dengan hasil 51,857 >
2,03011.
Dapat disimpulkan bahwa
modul pembelajaran yang dikembangkan valid dan dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Aplikasi
set.a.light 3D, Augmented Reality , Teknik Pencahayaan.