PENERAPAN e-LKPD INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
PADA KELAS X SMA KARTIKA IV-3 SURABAYA
IMPLEMENTATION OF INTERACTIVE e-LKPD USING THE PBL
MODEL IN PHYSICS LEARNING TO IMPROVE CRITICAL
THINKING ABILITY IN CLASS X SMA KARTIKA IV-3
SURABAYA
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan
berpikir kritis peserta didik setelah penerapan e-LKPD interaktif dengan
model problem based learning (PBL) pada pembelajaran fisika, serta
respon peserta didik terhadapnya pada materi energi alternatif di kelas X
SMA Kartika IV-3 Surabaya. Desain penelitian menggunakan
nonequivalent-control group dengan dua kelas: kelas eksperimen (X-B)
dan kelas kontrol (X-A). Instrumen yang digunakan meliputi tes
kemampuan berpikir kritis dan angket respon peserta didik.Hasil pretest
dan posttest menunjukkan peningkatan di semua aspek kompetensi
berpikir kritis. Kompetensi 4 mengalami kenaikan tertinggi dengan
pretest 68 dan 52,53, dan posttest 86,67 dan 68,26. Kompetensi 2
mengalami kenaikan terendah dengan pretest 60,89 dan 58,89, dan
posttest 78,88 dan 66,67. Rata-rata n-gain kelas X-B (eksperimen) adalah
0,593 dan X-A (kontrol) adalah 0,329,keduanya dalam kategori sedang.
Model PBL dengan e-LKPD memiliki pengaruh signifikan terhadap
kemampuan berpikir kritis, dengan nilai cohen’s d 5,414 yang
menunjukkan distribusi skor post-test eksperimen tidak tumpang tindih
sepenuhnya dengan kelompok kontrol.
This study aims to describe the improvement in students' critical
thinking skills after the implementation of interactive e-Worksheets (e-
LKPD) with the Problem-Based Learning (PBL) model in physics
education, as well as the students' responses to it on the topic of alternative
energy in the 10th grade at Kartika IV-3 Senior High School in Surabaya.
The research design used a nonequivalent-control group with two classes:
the experimental class (X-B) and the control class (X-A). The instruments
used included a critical thinking skills test and a student response
questionnaire. The results of the pretest and posttest showed
improvements in all aspects of critical thinking competence. Competency
4 experienced the highest increase, with pretest scores of 68 and 52.53, and
posttest scores of 86.67 and 68.26. Competency 2 experienced the lowest
increase, with pretest scores of 60.89 and 58.89, and posttest scores of 78.88
and 66.67. The average n-gain for class X-B (experimental) was 0.593 and
for class X-A (control) was 0.329, both in the medium category. The PBL
model with e-LKPD had a significant impact on critical thinking skills,
with a Cohen's d value of 5.414 indicating that the post-test scores
distribution of the experimental group did not completely overlap with
the control group.