PENGEMBANGAN BUKU FUNTASTIC LEARNING STEAM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN
DEVELOPMENT OF A FUNTASTIC LEARNING STEAM-PjBL BOOK TO IMPROVE CRITICAL THINKING IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Berpikir Kritis merupakan salah satu ketrampilan anak yang penting untuk dikembangkan karena anak dapat memiliki kemampuan untuk mengeksplorasi pengetahuan intelektualnya. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk menstimulsi berpikir kritis anak dengan melakukan pembelajaran STEAM yang merupakan sebuah integrasi pendekatan yang menjadi kesatuan utuh antara science, technology, engeenering, mathematic, art. Pada pembelajaran ini anak diberikan kegiatan berupa sains seperti ilmuan dengan memakai teknologi sederhana untuk memecahkan sebuah permasalahan yang terjadi sehingga menghasilkan sebuah karya dan sebuah solusi yang tepat akan sebuah permasalahan yang dihadapi oleh anak. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 30 orang guru yang tergabung dalam IGTKI Wiyung. Lokasi penelitian dilakukan diwilayah Surabaya Barat. Penelitian ini dikembangkan menggunakan R&D dengan model 4D (Four-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan timnya sampai hanya tahap uji validitas. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah angket dan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kelayakan uji validitas buku Funtastic Learning STEAM-PjBL layak dan penting dikembangkan dibuktikan dengan ketiga nilai uji validitas dalam kategori sangat baik sampai baik yaitu pada uji validitas ahli materi mendapatkan nilai 95%, uji validitas ahli media 83%, dan pada uji validitas kelompok besar yaitu guru IGTKI Wiyung mendapatkan nilai materi sebanyak 79,7% dan nilai media sebanyak 78% dan untuk uji efektivitas mendapatkan nilai p-value yang diperoleh dari hasil penelitian 0.001 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 (p-value<0,05) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa buku Funtastic Learning STEAM-PjBL memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 4-5 tahun
Critical thinking is one of the important skills for children to develop because children can have the ability to explore their intellectual knowledge. One of the activities that teachers can do to stimulate children's critical thinking is by conducting STEAM learning which is an integrated approach that forms a complete unity between science, technology, engineering, mathematics, art. In this learning, children are given activities in the form of science like scientists by using simple technology to solve a problem that occurs so as to produce a work and an appropriate solution to a problem faced by the child. The number of samples in this research was 30 teachers who were members of IGTKI Wiyung. The research location was carried out in the West Surabaya area. This research was developed using R&D with the 4D (Four-D) model developed by Thiagarajan and his team until only the validity testing stage. The collection technique used was a questionnaire and used descriptive statistical data analysis techniques. From the results of the research that has been carried out, it can be seen that the feasibility of testing the validity of the Funtastic Learning STEAM-PjBL book is feasible and important to develop, proven by the three validity test scores in the very good to good category, namely the material expert validity test got a score of 95%, the media expert validity test 83% , and in the large group validity test, the IGTKI Wiyung teacher got a material score of 79.7% and a media score of 78% and for the effectiveness test the p-value obtained from the research results was 0.001, where this value is smaller than 0.05 ( p-value <0.05) so that H1 is accepted and H0 is rejected, it can be concluded that the Funtastic Learning STEAM-PjBL book has a significant influence in improving the critical thinking skills of children aged 4-5 years