Studi Tentang Efikasi Diri Akademik Siswa SMA Al Huda Boarding School Tuban
STUDY ON ACADEMIC SELF-EFFICACY OF AL HUDA BOARDING SCHOOL TUBAN STUDENTS
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami efikasi diri akademik yang dimiliki siswa SMA Al Huda Boarding School serta peran yang dilakukan oleh guru BK dalam memberikan layanan terhadap efikasi diri akademik siswa dengan latar belakang Sekolah Boarding. Efikasi diri akademik adalah kepercayaan individu mengenai kemampuan dirinya dalam melakukan atau menyelesaikan tugas akademik untuk mencapai target-target akademik dan mengatasi tantangan akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Data dalam penelitin kuantiatif didapatkan melalui angket, sedangkan untuk data dalam penelitian kualitatif diperoleh melalui wawancara kepada subjek penelitian dan informan pendukung. Analisis data yang digunakan menggunakan triangulasi, baik triangulasi sumber dan triangulasi teknik, populasi dalam penelitian sebanyak 30 siswa, 15 siswa kelas X dan 15 siswa kelas XI. Subjek penelitian diambil sebanyak 4 siswa dari dua kategori tingkat efikasi diri yaitu kategori tertinggi dan terendah dari populasi. Instrument pengumpulan data menggunakan angket, observasi,wawancara dan studi dokumentasi untuk menunjang data yang ada. Hasil dari penelitian yang diperoleh terkait tingkat efikasi diri siswa SMA Al Huda Boarding School Tuban menunjukkan untuk kategori tinggi (13%), kategori sedang (50%), dan kategori rendah (37%). Aspek efikasi diri yang dimiliki oleh subjek penelitian searah lurus dengan tingkat efikasi diri yang subjek penelitian miliki. Misalnya untuk siswa dengan kategori resiliensi tinggi aspek mengenai magnitude (tingkat kesulitan tugas), strength (kekuatan keyakinan), dan generality (generalitas) juga mengungkap hal yang positif, dan untuk siswa dengan kategori efikasi diri rendah mengungkap sebaliknya. Dan dalam memberikan bantuan terhadap siswa konselor melakukan konseling individu juga koordinasi dengan berbagai pihak sekolah untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa.
Kata kunci : Sekolah Boarding, Efikasi Diri, Peran Guru BK.
Abstract.
The purpose of this study was to explore the academic self-efficacy of Al Huda Boarding School high school students and the role played by counselors in providing services to the academic self-efficacy of students with a boarding school background. Academic self-efficacy is an individual's belief in his or her ability to perform or complete academic tasks to achieve academic goals and overcome academic challenges. The method used in this study uses a mix method approach that combines quantitative research and qualitative research. Data in quantitative research is obtained through questionnaires, while data in qualitative research is obtained through interviews with research subjects and supporting informants. The data analysis used was triangulation, both source triangulation and technical triangulation. The population in the study was 30 students, 15 class X students and 15 class XI students. The research subjects were taken as many as 4 students from two categories of self-efficacy levels, namely the highest and lowest categories of the population. The data collection instruments used questionnaires, observations, interviews and documentation studies to support existing data. The results of the research obtained related to the level of self-efficacy of the students of SMA Al Huda Boarding School Tuban showed that the high category (13%), medium category (50%), and low category (37%) Self-efficacy aspects of research subjects are in line with the level of self-efficacy that research subjects have. For example, for students with high resilience categories, aspects regarding magnitude (level of task difficulty), strength (strength of belief), and generality (generality) also revealed positive things, and for students with low self-efficacy categories revealed the opposite. And in providing assistance to student, counselors conduct individual counseling as well as coordinate with various school parties to improve students' academic self-efficacy.
Keywords: Boarding Schools, Self Efficacy, The Role of Counselors.