Character Education Management in Indonesian Schools Kota Kinabalu, Sabah - Malaysia
ABSTRAK
Edi Purwanto: Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sabah – Malaysia. Laporan Tugas Akhir, Surabaya: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 2024.
Latar belakang penelitian ini berawal dari kondisi peserta didik SIKK yang lahir dan besar di Sabah, Malaysia serta kesibukan orang tua bekerja sehingga mereka kurang melakukan pengawasan terhadap perekmbangan karakter anaknya. Sekolah Indonesia Kota Kinabalu sebagai Lembaga Pendidikan yang ada di Sabah, Malaysia memiliki peran penting dalam menumbuhkan karakter-karakter positif pada siswa sehingga bisa mencetak generasi unggul dan berakhlak mulia sesuai dengan visi dan misi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program Pendidikan karakter yang ada di SIKK untuk mencetak generasi berakhlak mulia.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan Teknik kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk menganalisis data yang diperoleh. Konsep triangulasi data digunakan untuk menjamin keabsahan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan Pendidikan karakter di SIKK melalui kegiatan rapat tahunan, merancang kurikulum Pendidikan karakter, merancang kurikulum integrative, tata kelola kelas, sosialisasi program Pendidikan karakter dan kolaborasi dengan orang tua siswa. Pelaksanaan kegiatan Pendidikan karakter di SIKK dilaksanakan melalui pengintegrasian Pendidikan karakter ke dalam kurikulum sekolah, budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, aturan dan tata tertib sekolah serta kerjasama antara sekolah dengan stakeholder. Proses evaluasi dilakukan secara bertahap melalui pengamatan secara langsung maupun melalui wawancara dengan siswa. Hasil evaluasi digunakan sebagai tindakan perbaikan program di masa depan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan karakter yang diterapkan oleh sekolah telah memberikan kontribusi positif kepada siswa terbukti dengan berkurangnya tingkat pelanggaran siswa dari waktu ke waktu serta semakin banyaknya prestasi yang diraih oleh siswa. Proposisi yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa sistem manajemen yang dilakukan secara terintegrasi akan lebih efektif untuk mencetak generasi yang unggul dan berakhlak mulia sesuai visi dan misi sekolah.
Kata kunci: akhlak mulia, manajemen, Pendidikan karakter, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu
ABSTRACT
The background of this study began with the condition of SIKK students who were born and raised in Sabah, Malaysia and the busyness of their parents working so that they lack supervision of their children's character development. Sekolah Indonesia Kota Kinabalu as an Educational Institution in Sabah, Malaysia has an important role in developing positive characters in students so that they can produce superior and noble generations in accordance with the school's vision and mission. This study aims to analyze the planning, implementation and evaluation of the Character Education program at SIKK to produce a noble generation.
The research method uses a qualitative approach with the type of field research. Data collection is carried out through in-depth interviews, participant observation, and documentation studies. Researchers use condensation techniques, data presentation and drawing conclusions to analyze the data obtained. The concept of data triangulation is used to ensure the validity of the source.
The results of the study indicate that the planning of Character Education in SIKK through annual meeting activities, designing the Character Education curriculum, designing an integrative curriculum, class management, socialization of the Character Education program and collaboration with parents of students. The implementation of Character Education activities in SIKK is carried out through the integration of Character Education into the school curriculum, school culture, extracurricular activities, school rules and regulations and cooperation between schools and stakeholders. The evaluation process is carried out in stages through direct observation or through interviews with students. The evaluation results are used as an action to improve the program in the future.
This study shows that Character Education implemented by schools has made a positive contribution to students as evidenced by the decreasing level of student violations over time and the increasing number of achievements achieved by students. The proposition put forward in this study is that an integrated management system will be more effective in producing superior and noble generations according to the school's vision and mission.
Keywords: character education, good character, management, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu