Pengembangan Multimedia Iteraktif Berbasis Web Materi Pecahan untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SD
Development of Web-based Interactive Multimedia with Fraction Materials to Improve The Numerical Abilities of Grade III Elementary School Students
Devya, Mega, Lenthera. 2022. Pengembangan Multimedia Iteraktif Berbasis Web Materi Pecahan untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SD. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing : (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd, dan (II) Dr. Wiryanto, M.Si.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif Berbasis Web, Kemampuan Numerasi, Pecahan
Kemampuan numerasi merupakan salah satu tujuan yang harus dimiliki oleh siswa sebagai bekal kehidupan sehari-hari. Kemampuan numerasi adalah kapasitas siswa untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan konsep matematika. Multimedia interaktif berbasis web adalah suatu perantara yang dapat membantu siswa memahami materi dalam proses pembelajaran, dapat berinteraksi dan dioperasikan secara aktif dengan berbagai fitur dan aktivitas yang disajikan di dalamnya. Tujuan penelitian ini berupa: (1) pengembangan multimedia interaktif berbasis web yang valid, praktis, dan efektif pada materi pecahan, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa, dan (3) meningkatkan kemampuan numerasi dengan sarana internet dan 16 komputer.
Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD. Siswa yang dijadikan subjek dalam uji coba perorangan adalah 2 siswa kelas III SD yang berlokasi di sekitar rumah peneliti. Subjek uji coba kelompok kecil dan kelas implementasi adalah siswa SD Luqman AL Hakim Nganjuk. Pada kelompok kecil subjek penelitian adalah 15 siswa kelas III A yang dipilih secara acak. Sedangkan subjek uji coba pada kelas implementasi kelompok eksperimen adalah 15 siswa kelas III B yang dipilih secara acak. Begitu juga dengan kelas implementasi kelompok kontrol dipilih dari 15 siswa kelas III B secara acak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan jenis penelitian Didactic Engineering (DE). Kegiatan pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian yaitu observasi, wawancara, studi literatur, angket, dan tes.
Hasil penelitian yaitu berupa: (1) rata-rata validitas media dan meteri sebesar 82,9% dengan kriteria “valid”, sementara hasil rata-rata kepraktisan media dari ahli praktisi guru dan siswa menunjukkan hasil persentase sebesar 92,5% dengan kriteria “sangat praktis”. Sedangkan efektifitas dapat dihitung menggunakan SPSS 21 Paired Samples Statistics dengan hasil rata-rata Ngain kelompok eksperimen sebesar 54,11% masuk dalam kriteria efektifitas sedang, sementara pada kelompok kontrol sebesar 12,90% masuk dalam kriteria efektifitas rendah (2) aktifitas siswa pada kelompok eksperimen masuk dalam kriteria sangat aktif sebesar 89% sedangkan kelompok kontrol 62% masuk kriteria cukup aktif, dan (3) terdapat peningkatan kemampuan numerasi pada kelompok eksperimen sebesar 80% sementara tidak terdapat peningkatan kemampuan numerasi pada kelompok kontrol, karena persentase ketuntasan belajar menunjukkan hasil 20%, sementara syarat meningkatan kemampuan numerasi ≥75%.
Devya, Mega, Lenthera. 2022. Development of Web-based Interactive Multimedia with Fraction Materials to Improve The Numerical Abilities of Grade III Elementary School Students. Thesis, Basic Education Studay Program, Graduate of Surabaya State University. Advisor: : (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd, and (II) Dr. Wiryanto, M.Si.
Keywords: web-based interactive multimedia, Numerical Ability, Fractions
Numerical ability is one of the goals that must be possessed by students as a provision for daily life. Numerical ability is a student's capacity to solve a problem in everyday life using mathematical concepts. Interactive multimedia based Web is an intermediary that can help students understand the material in the learning process, can interact and operate actively with the various features and activities presented in it. The aims of this research are: (1) developing, validating, practical, and effective interactive multimedia based web on fraction material, (2) describing student activities, and (3) improving numeracy skills using the internet and 16 computers.
The test subjects in this study were third grade elementary school students. The students who were used as subjects in the trial were is 2 student in 3rd grade elementary school students located around the researcher's house. The subjects of the small group trial and implementation class were students of SD Luqman AL Hakim Nganjuk. In a small group, the research subjects were 15 students of class III A who were randomly selected. While the test subjects in the implementation class of the experimental group were 15 students of class III B who were randomly selected. Likewise, the implementation class of the control group was chosen from 15 students of class III B randomly. This study uses research and development methods with the type of research Didactic Engineering (DE). Data collection activities used to support research are observation, interviews, literature study, questionnaires, and tests.
The results of the study are in the form of: (1) the average validity of the media and material is 82.9% with "valid" criteria, while the average results of media practicality from expert practitioners, teachers and students show a percentage result of 92.5% with the criteria " very practical.” While the effectiveness can be calculated using SPSS 21 Paired Samples Statistics with the results of the average Ngain experimental group of 54.11% included in the moderate effectiveness criteria, while in the control group 12.90% included in the low effectiveness criteria (2) student activity in the experimental group is included in the very active criteria by 89% while the control group 62% is in the quite active criteria, and (3) there is an increase in numeracy ability in the experimental group by 80% while there is no increase in numeracy ability in the control group, because the percentage of mastery learning shows the result of 20%, while the requirement to increase numeracy ability is 75%.