Studi ini berawal dari semakin pentingnya penggunaan bahasa Inggris di era yang lebih maju saat ini. Lembaga formal yang ada juga dirasa masih kurang dalam memaksimalkan kemampuan berbahasa. Untuk itu muncullah kursus sebagai lembaga non formal untuk melengkapi pendidikan formal yang ada. Di Surabaya sendiri sangat banyak lembaga kursus bahasa Inggris, salah satunya adalah English Is Friend Surabaya. Dalam pelaksanaannya lembaga kursus memiliki komponen-komponen penting salah satunya adalah tutor. Seorang tentunya harus memiliki kompetensi khusus agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Kompetensi yang dimiliki tutor merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga kursus English Is Friend (EIF) yang bertempat di Pondok Benowo Indah Blok JJ, Pakal, Surabaya. Data penelitian dikumpulkan oleh penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi tutor serta kualitas pembelajaran di lembaga kursus English Is Friend Surabaya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tutor di lembaga kursus EIF memiliki kompetensi yang mendukung pembelajaran yaitu, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional. (2) kualitas pembelajaran di lembaga kursus EIF memperhatikan perilaku pendidik, aktivitas peserta didik, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, serta sistem pembelajaran. (3) kompetensi tutor dapat memaksimalkan kualitas pembelajaran di lembaga kursus EIF dengan didukung oleh peran tutor itu sendiri. Yang paling dominan adalah perannya sebagai fasilitator dan motivator. Semakin baik kompetensi yang ada pada diri tutor di lembaga kursus EIF tentunya semakin baik pula kualitas pembelajarannya.
Kata kunci: kompetensi tutor, kualitas pembelajaran
This study begins with the increasingly important use of English in a more advanced era today. The existing formal institutions are also felt to be lacking in maximizing language skills. For this reason, courses emerge as non-formal institutions to complement formal education. In Surabaya, there are so many English courses, on of them is called English Is Friend. In its implementation, the institution has important components, one of the component is the tutor. A tutor must have special competencies so that learning activities can take place well. The competency of the tutor is an important factor that can affect the quality of learning.
This research is a descriptive study with a qualitative approach. This research was conducted at one of course intitutions in Surabaya, it’s called English Is Friend (EIF). This course institution is located at Pondok Benowo Indah Blok JJ, Pakal, Surabaya. The research using observation, interviews, and documentation for collected the data. This study aims to determine tutor competence and quality of learning in the Friends English course Surabaya.
The results of this study indicate that: (1) tutors at EIF course institutions have competencies that support learning, there are: pedagogical competencies, personal competencies, social competencies, professional competencies. (2) the quality of learning in EIF course institutions pay attention to the behavior of educators, student activities, learning climate, learning materials, learning media, and learning systems. (2) the quality of learning in EIF course institutions pay attention to the behavior of educators, student activities, learning climate, learning materials, learning media, and learning systems. (3) tutor competence can maximize the quality of learning in EIF course institutions supported by the role of the tutor himself. The most dominant is its role as a facilitator and motivator. The better the competency of the tutor, the better the quality of learning that will be generated.
Keywords: tutor competence, quality of learning