PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN SUASANA BARBERSHOP TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JOENGKAT BARBERSHOP BOJONEGORO
THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND BARBERSHOP ATTEMPT ON CUSTOMER SATISFACTION JOENGKAT BARBERSHOP BOJONEGORO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan suasana barbershop terhadap kepuasan konsumen di Joengkat Barbershop Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 218 orang. Objek yang menjadi responden penelitian ini yaitu konsumen Joengkat Barbershop. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan variabel suasana barbershop (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas layanan dan suasana barbershop secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dengan nilai Adjusted R Square 0,545 yang berarti sebesar 54,5% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas layanan dan suasana barbershop.
This research explains to determine the influence of service quality and barbershop atmosphere on customer satisfaction at Joengkat Barbershop Bojonegoro. The type of research used in this research is quantitative research with multiple linear regression analysis. This study is involved 218 repondens by non probability sampling and using a purposive sampling technique for the data collection. The object of this research is Joengkat Barbershop’s customer. Result finding indicate that the service quality (X1) partially has a positive and significant influence on customer satisfaction. The results showed that the barbershop atmosphere variable (X2) partially has a positive and significant infulence on customer satisfaction. The results showed that the variable service quality and barbershop atmosphere simultaneously had a positive and significant effect on customer satisfaction. With an Adjusted R Square value of 0.545, which means that 54.5% of customer satisfaction is influenced by the quality of service and the atmosphere of the barbershop.