PENGEMBANGAN E-POCKETBOOK BERINTEGRASI KAHOOT MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V SD
THE DEVELOPMENT OF E-POCKETBOOK INTEGRATED WITH KAHOOT CONTAINS THE MATERIAL OFÂ HUMAN BLOOD CIRCULATORY SYSTEMÂ FOR ELEMENTARY SCHOOL GRADE V
Pesatnya penyebaran wabah covid-19 menyebabkan pemerintah Indonesia terpaksa menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dengan segala risikonya, sehingga kreatifitas dan inovasi guru dalam menyediakan media pembelajaran menjadi hal yang sangat krusial. Penelitian ini mencari alternatif media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik belajar dari rumah dengan menyenangkan melalui pemanfaatan bantuan kuota belajar dari pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media e-pocketbook berintegrasi kahoot pada materi sistem peredaran darah manusia kelas V SD yang dinyatakan layak ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D yaitu define, design, develop, tanpa disseminate. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode validasi, angket guru dan siswa, serta tes hasil belajar melalui uji coba terbatas pada 20 peserta didik di SDN 7 Babat menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 100% dan validasi materi sebesar 92,7% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dari segi respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 96% dan dari guru sebesar 96,3% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media diperoleh berdasarkan persentase ketuntasan belajar sebesar 85% dengan kategori sangat efektif dan N-Gain senilai 0,69 termasuk kategori sedang. Sehingga, e-pocketbook berintegrasi kahoot materi sistem peredaran darah manusia layak digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung terjadinya peningkatan kinerja akademis.
Kata Kunci: pengembangan, e-pocketbook, kahoot, sistem peredaran darah manusia.
The spread of the covid-19 rapidly causes the Indonesian government to implement distancing learning systems with all risks, so the teacher's creativity and innovation in providing the learning media are crucial. This research is looking at alternative learning media which can help students learn from home comfortably by using the government's internet quota for study. The purpose of the study is to create an e-pocketbook media integrated with Kahoot for V grade in the lesson about the human circulatory system of matter which is declared worthy of review from validity, practicality, and effectiveness. The development model used is 4D define, design, develop, without disseminate. Data retrieval techniques are done with the methods of validation, teacher and student response, and test results of studying through a limited test to 20 students at SDN 7 Babat using one group pretest-posttest design. The results of media validation's percentage get 100% and 92,7% in the highly valid category of material validation. Learning response practices get 96% and teacher get 96,3% in the highly practical category. Media effectiveness comes from an 85% learning percentage with very effective categories and the n-gain score get 0.69 in the medium category. As a result, e-pocketbook integration with Kahoot contains the material of the human circulatory system as well as the learning media for increased academic performance.
Keywords: development, e-pocketbook, Kahoot, human blood circulatory system.