Pengaruh Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dengan Dukungan Sosial sebagai Variabel Moderasi
The Effect of Work Stress on Employees Job Satisfaction with Social Support as A Moderating Variable
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang pengaruh dari stres kerja terhadap kepuasan kerja dengan dukungan sosial sebagai variabel moderasi. Metode penelitian ini merupakan kuantitatif, dengan menggunakan Simple Random Sampling sebagai teknik sampling. Terdapat 60 karyawan yang digunakan sebagai sampel—data didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS 3.0 sebagai alat serta Statistical Package for the Social Science (SPSS) software. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Stres kerja akan menghasilkan penurunan pada kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan. Serta dukungan sosial tidak memoderasi hubungan antara stres kerja dan kepuasan kerja. Dukungan sosial tidak menurunkan dampak dari stres kerja terhadap kepuasan kerja yang terjadi di perusahaan. Perusahaan harus mengelola tingkat stres kerja untuk memenuhi kepuasan kerja karyawan dan menghindari dampak yang merugikan bagi kegiatan perusahaan.
This research aims to examine and analyze the impact of work stress on job satisfaction with social support as a moderating variable. This research method is quantitative, using Simple Random Sampling for its sampling technique. There were 60 employees as samples—the data collected by observation, interviews, and questionnaires. The statistical analysis used in this study was descriptive analysis and data analysis by utilizing Partial Least Square (PLS) with SmartPLS 3.0 as the tool and Statistical Package for the Social Science (SPSS) software. The result shows that work stress has a negative and significant influence on job satisfaction. Work stress will result in a decrease in job satisfaction felt by employees. As well as social support did not moderate the relationship between work stress and job satisfaction. Social support does not decrease the impact of work stress on job satisfaction that occur within the company. The company should manage the work stress level to fulfil workers' job satisfaction and avert adverse effects to the company's activities.