STRATEGI PEMBELAJARAN LAGU GAMOLAN SAKTI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS LAMPUNG
STRATEGY FOR LEARNING THE SONG GAMOLAN SAKTI AT THE UNIVERSITY OF LAMPUNG’S MUSIK EDUCATION STUDY PROGRAM
Lampung (aksara Lampung: ) adalah suatu provinsi yang paling selatan dari pulau Sumatra, Indonesia, dengan ibu kotanya yaitu kota Bandar Lampung. Dan memiliki dua kota yaitu kota Bandar Lampung dan kota Metro serta 13 kabupaten. Lampung sendiri memiliki banyak sekali kebudayaan dan salah satunya adalah alat musik yaitu Gamolan. Gamolan merupakan alat musik tradisional lampung, alat musik tersebut dibuat dengan bamboo, yang dimainkan dengan cara dipukul sehingga menghasilkan nada. Kata gamolan sendiri berasal dari data begamol yang artinya “berkumpul”. Alat musik gamolan_dahulunya merupakan sarana untuk mengumpulkan masyarakat dan menjadi alat komunikasi. keberadaan musik gamolan ini tidak lepas dari metode pembelajaran sehingga pembelajaran musik gamolan menjadi menarik.Tujuan penelitian_ini adalah agar mengetahui bagaimana_strategi pembelajaran lagu gamolan sakti pada mahasiswa Universitas Lampung. Lagu gamolan sakti adalah lagu yang dibuat oleh Hasyimkan dan diajarkan sebagai pembelajaran untuk mahasiswa Pendidikan Musik Universitas Lampung. Dalam lagu Gamolan Sakti tersebut, Hasyimkan membuat perpaduan antara musik barat dan musik tradisi dalam bentuk ansemble campuran, hal tersebut dilakukan Hasyimkan agar membuat generasi muda sekarang berminat kepada alat musik gamolan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk sistematis dengan meliputi reduksi data,_penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menyatakan bahwa langkah-langkah strategi pembelajaran lagu gamolan sakti menggunakan strategi pembelajaran cooperative dengan meliputi, persiapan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, dan penyampaian materi pembelajaran. Strategi tersebut telah membuat siswa lebih efektif. Dalam proses pembelajaran lagu gamolan sakti ini dapat dilihat dari aspek-aspek penilian meliputi (kehadiran ,kedisiplinan, keaktifan) serta aspek keterampilan saat memainkan lagu gamolan sakti. Berdasarkan evaluasi tersebut, pembelajaran lagu gamolan sakti di Universitas Lampung dikatakan berhasil, dengan dibuktikan dengan melihat hasil pembelajaran pada lembar evaluasi pada akhir semester dan juga dalam bentuk video pembelajaran lagu gamolan sakti ini.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Lagu Gamolan Sakti,Universitas Lampung
Lampung (aksara Lampung: ) is a southernmost province of the island of Sumatra, Indonesia, with the capital city Bandar Lampung. And has two cities, namely the city of Bandar Lampung and the city of Metro and 13 districts. Lampung itself has many cultures and one of them is a musical instrument is Gamolan. Gamolan is a traditional Lampung musical instrument, the musical instrument is made of bamboo which is played by hitting it to produce a tone. The term gamolan itself comes from begamol words which means "gather". The gamolan musical instrument was firstly used as a tool to gather people and communicate. The existence of gamelan music cannot be separated from the learning method so that learning gamelan music becomes interesting. The purpose of this study is to find out the strategy of gamolan sakti for students at the University of Lampung. The gamolan sakti song is a song composed by Hasyimkan and taught as a lecture for students of Music Education at the University of Lampung. In the song Gamolan Sakti, Hasyimkan creates a mixture between western music and traditional music in the form of an ensemble, this was done by Hasyimkan in order to make the younger generation now interested in the gamolan musical instrument. This research use descriptive qualitative method with data collection technique through observation, interview, and documentation. Data analysis is used systematically including data reduction, data presentation and conclusion. This strategy has brought students to be more effective. In the process of learning this gamolan sakti song, it can be seen from the aspects of assessment including (presence, discipline, activeness) as well as aspects of skill when playing the gamolan sakti song. Based on this evaluation, learning the gamolan sakti song at the University of Lampung is said to be successful, proven by the learning outcomes on the evaluation sheet at the end of the semester and also in the form of a learning video for a gamolan sakti.
Keywords: Learning Strategy, Gamolan Sakti Song, University of Lampung