Media Ludo merupakan media yang merupakan hasil modifikasi dari permainan anak Ludo. Media ini telah dimodifikasi peraturan serta bentuknya yaitu dengan menambahkan soal-soal serta kata motivasi didalamnya. soal-soal yang terdapat didalam media ludo ini dikerjakan oleh siswa melalui permaianan ludo pada umumnya. Adanya soal dalam media ludo ini berguna untuk melatih kemampuan siswa untuk mengerjakan soal-soal mengenai bangun ruang agar siswa menjadi terampil mengerjakan soal-soal. Selain itu juga terdapat kata motivasi yang dapat menimbulkan kesan yang bersifat positif bahwa matematika itu mengenangkan, matematika itu mudah, dan lain sebagiannya. Dengan mengerjakan soal sambil bermain ini siswa menjadi senang, merasa nyaman, serta tidak merasa bosan atau terbebani untuk berlatih soal-soal. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui apakah media ludo ini berpengaruh pada hasil belajar siswa jika ditinjau dari aspek kognitif maupun aspek psikomotor siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan rancangan penelitian yaitu eksperimen kuasi, dan desain penelitian nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Tambakrejo 1 Krembung, Sidoarjo sebanyak 40 siswa yang dibagi menjadi dua kelas VA 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan VB 20 siswa sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ludo memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif maupun psikomotor siswa. Dimana dari aspek kognitif yang diperoleh hasil uji t menggunakan SPSS 25 diperoleh signifikasi (2-tailed) yaitu sebesar 0,001. Nilai signifikasi 0,001 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpilkan bahwa media ludo memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif. Sedangkan dari aspek psikomotor diperoleh hasil nilai rata-rata psikomotor siswa sebesar 88,125 yang kemudian diinterpretasikan dengan kriteria penilaian psikomotor dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ludo memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa ditinjau dari aspek psikomotor.
Kata Kunci : Media Ludo, Hasil Belajar.
Ludo media is modification of the ludo games. This media is modified by the rule and give some question and motivation. The questions in this ludo games will played by the students like ludo games in general. The function of this ludo media to exam the ability especially for solid figure. Besides, there are some motivations quote that the mathematics is easy and enjoy. Do the games and answer the question will make the students are happy, making enjoy and not bored for mathematics lesson.The purpose of this research is to know, is the ludo media effect for the result of student learning, if viewed by kognitif and psicomotor aspect.
This research is kuantitatif, the research planning are kuasi experiment and research design is nonequivalent Control Group Design. The subject of this research is students in V class in SDN Tambakrejo 1 Krembung, Sidoarjo. Total of their is 40 students, divided by two class, there are VA are 20 students as experiment class and VB are 20 students as control class. Data is collected in paper test and observation. Analysis of data that used are validation, reabilitation, normalization, homogenesis and hypotesis test.
The result said that the ludo media has positif effect for the result of students learning if viewed by kognitif and psychomotor aspect. Result of T test by SPSS 25 is obtained signification (2-tailed), there is 0.001. The significations value is less than 0.05, so it can be concluded that the ludo media is effect for Learning result of student if viewed by kognitif aspect. While, by the psychomotor aspect get the average value, there are 88.125 and then can be interpretation with the psychomotor value has very good category. So it can be said that the ludo media is effected for the learning result of the student if viewed by psychomotor aspect.
Keywords: Ludo media, Learning Result