Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan podcast sebagai media pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implementasi podcast untuk pengajaran berbicara dan tanggapan siswa terhadap implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan desain pra-eksperimen one group pre-test and post-test dan metode kualitatif untuk menguji implementasi dan tanggapan siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA di Indonesia. Selain itu, pengumpulan data menggunakan perangkat tes, observasi, kuesioner dan wawancara dengan dua siswa yang memperoleh nilai post-test tertinggi dan terendah. Berdasarkan analisis statistik nilai pre-test dan post-test serta hasil kuesioner menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah penggunaan podcast. Faktanya, sembilan siswa (36%) merasa bahwa kemampuan berbicara mereka meningkat pesat setelah menggunakan podcast, dan sebagian besar siswa (64%) merasa kemampuan berbicara mereka meningkat pada tingkat menengah. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa bahwa penggunaan podcast lebih menyenangkan dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional di kelas. Podcast juga membantu dalam meningkatkan kemampuan pengucapan siswa, menambah kosakata baru, dan meningkatkan tata bahasa siswa. Keuntungan menggunakan podcast adalah fleksibilitas waktu, sedangkan kerugiannya berkaitan dengan kerumitan pembuatan dan pengunggahan podcast.
Kata Kunci: kemampuan berbicara, bahasa Inggris, podcast, siswa.
This study aims to see improvements in students' speaking ability after using podcasts as a learning media. Moreover, it tends to know the implementation of podcast for teaching speaking and students’ responses toward the implementation. The study used quantitative method to identify the students’ speaking improvement with a pre-experimental design of one group pre-test and post-test and qualitative method to examine the implementation and students’ responses. The subjects were 11th-grade students of senior high school in Indonesia. In addition, the data collection was using tests, observation, questionnaire and an interview with two students who achieved the highest and lowest post-test scores. Based on a statistical analysis of pre-test and post-test scores and the questionnaire results, it showed an increase in students' speaking ability after the use of podcasts. In fact, nine students (36%) felt that their speaking ability improved highly after using podcasts, and most of the students (64%) felt their speaking' ability improved at the intermediate level. The interview results showed that students felt that the use of podcasts was more fun than the conventional method use in the class. It was also helpful in improving the students’ pronunciation of words, adding new vocabulary, and improving students' English grammar. The advantage of using podcasts was time flexibility, while the disadvantage relates to the complexity of creating and uploading podcasts.
Keywords: speaking ability, English language, podcast, students.