ANALISIS TEKNIK MELISMA MARIA CALLAS PADA LAGU SEMPRE LIBERA KARYA GIUSEPPE VERDI
TECHNICAL ANALYSIS OF MELISMA MARIA CALLAS IN THE SONG SEMPRE LIBERA BY GIUSEPPE VERDI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik melisma Maria Callas pada lagu Sempre Libera. Pada lagu Sempre Libera terdapat teknik melisma harus dinyanyikan bersama coloratura dan gaya belcanto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah lagu Sempre Libera karya Giuseppe Verdi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Maria Callas menerapkan teknik melisma dengan pengolahan pernapasan dan penataan pada tiap frasering notasinya. Callas menyanyikan melisma tesebut dengan beberapa trik nyanyiannya atau penambahan improvisasi seperti notasi yang dihilangkan. Penambahan notasi pada bagian tertentu serta teknik dan dinamika yang diubahnya. Hal tersebut dapat membantu Callas menginterpretasikan nyanyiannya dengan baik dan menjadikan nyanyiannya hidup.
Kata kunci: analisis, teknik melisma, sempre libera, Maria Callas
Abstract
This study aims to analyze Maria Callas melisma technique in the song Sempre Libera. In the Sempre Libera song, there is a melisma technique that must be sung with coloratura and belcanto style. The method used in this research is descriptive qualitative method, the subject of this research is the song Sempre Libera by Giuseppe Verdi. Data collection techniques in this study were carried out by means of observation, interviews, and documentation. Maria Callas applies the melisma technique with breathing processing and arrangement in each of her notational phrases. Callas sings the melisma with some of his singing tricks or improvisational additions such as omitted notation. The addition of notations in certain sections as well us the techniques and dynamics it change. This can help Callas interpret his singing well and bring his singing to life.
Keywords: analysis, melisma technique, sempre libera, Maria Callas.