Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan CTL pada materi gerak harmonik sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain pre-test and post-test design menggunakan tiga kelas eksperimen di SMAN 1 Krian. Jenis instrumen yang digunakan yaitu lembar keterlaksanaan, lembar tes, dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis lembar keterlaksanaan, uji t-berpasangan, n-gain, ANAVA, dan analisis angket respon. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa keterlakasanaan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan CTL pada materi gerak harmonik sederhana terlaksana dengan baik, dan penerapan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan masing-masing indikator kemampuan berpikir kritis yaitu terdapat pada nilai post-test dengan taraf signifikasi 0,05 dengan rerata n-gain berada pada level peningkatan kategori sedang serta konsisten pada ketiga kelas, penerapan model guided inquiry dengan pendekatan CTL mendapatkan respon yang positif dengan kategori baik sekali dari rata-rata ketiga kelas.
Kata kunci : CTL, guided inquiry, kemampuan berpikir kritis.
ABSTRACT
This research aims to describe the implementation of guided inquiry learning model using the CTL (Contextual Teaching and Learning) approach, to improve students critical thinking skills in simple harmonic motion material, also find out responses of students to the guided inquiry learning model with the CTL approach to simple harmonic motion material. The type of research used was pre-experimental design with pre-test and post-test using three experimental groups at SMAN 1 Krian. The types of instruments used were the implementation sheet, test sheet, and student response questionnaire. The data obtained were analyzed using the implementation sheet analysis, paired t-test, n-gain, ANAVA, and response questionnaire analysis. The results of this study show that the neglect of the guided inquiry learning model with the CTL approach to simple harmonic motion material is well implemented, and the application of the guided inquiry learning model with the CTL approach can improve each indicator of critical thinking ability which is in the post-test value with the level the significance of 0.05 with the mean of n-gain was at the level of increasing the moderate and consistent category in the three groups, the application of the guided inquiry model with the CTL approach received a positive response with a excellent category from the average of the three groups.
Keywords: CTL, Guided Inquiry, Critical Thinking Skills.