Tujuan penelitian ini
adalah menghasilkan alternatif media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan
pemahaman peserta didi k. Kemajuan teknologi memberikan peluang bagi guru untuk
menciptakan media pembelajaran yang menarik agar peserta didik lebih tertarik
pada pembelajaran. Penelitian pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android
dengan software Construct 2 bertujuan untuk ( 1)
menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis android dengan software Construct 2 , (2) mengetahui
kelayakan media pembelajaran berbasis android, (3) mengetahui respons peserta
didik terhadap media pembelajaran berbasis android.
Penelitian ini
menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan,
Semmel dan Semmel (1974), yang terdiri dari Define,
Design, Develop, tetapi tanpa tahap Disseminate .
Uji coba dilakukan sebanyak 2 kali kepada peserta didik kelas X Bisnis Daring
dan Pemasaran 3 di SMK Negeri 2 Blitar, yaitu 8 peserta didik untuk uji coba
terbatas dan 20 peserta didik untuk uji coba lapangan. Media ditelaah dan divalidasi
oleh 2 ahli materi dan ahli media. Telaah ahli media menunjukkan persentase
sebesar 89.3% dan dikategorikan sangat layak, dengan revisi background, ukuran
font, dan logo aplikasi. Telaah dari dua ahli materi menunjukkan rata-rata persentase
82.7%, artinya materi tersebut sangat layak dengan penambahan beberapa gambar
yang dapat digunakan dalam pembelajaran.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android dengan software Construct 2 dinyatakan “Sangat
Layak” berdasarkan hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 90,6% dan
hasil validasi materi memperoleh persentase sebesar 93,3%. Sedangkan hasil
angket respons peserta didik pada uji coba terbatas dengan persentase sebesar
87,5% dan 92,5% pada uji coba lapangan sehingga dapat dikatakan media
pembelajaran berbasis android dengan software
Construct 2 pada Kompetensi Dasar Modal Usaha mendapat respons yang “Sangat
Baik” dari peserta didik.
Kata Kunci: Media
Pembelajaran, Android, Construct 2 ,
Perencanaan Bisnis