SOSIALISASI TATA RIAS PENGANTIN KESNAYANA KEPADA MASYARAKAT BLITAR
SOCIALIZATION OF KRESNAYANA'S BRIDES IN BLITAR SOCIETY
Pengantin Kresnayana merupakan salah satu tata rias pengantin tradisional yang ada di Indonesia tepatnya di Kota Blitar, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan sosialisasi tata rias pengantin Kresnayana kepada masyarakat Blitar khususnya di Desa Ngadri, 2) aktivitas peserta sosialisasi tata rias pengantin Kresnayana, 3) pengetahuan peserta setelah dilakukan sosialisasi tata rias pengantin Kresnayana, dan 4) respon peserta setelah dilakukan sosialisasi tata rias pengantin Kresnayana. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian the one-shot case study design. Subjek pada penelitian ini adalah masyarakat Desa Ngadri Kabupaten Blitar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus presentase dan rata-rata. Hasil penelitian dapat ditunjukkan sebagai berikut: 1) keterlaksanaan sosialisasi termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata skor nilai 3,58 , 2) aktivitas peserta sosialisasi termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor nilai 3,62 , 3) pengetahuan peserta setelah dilakukan sosialisasi secara keseluruhan yaitu 94,25 yang berarti sangat baik, 4) respon peserta mencapai kriteria sangat baik dengan perolehan nilai sebesar 98,25%.
Kata Kunci: Tata Rias Pengantin Kresnayana, Blitar.
Kresnayana's bride is one of the traditional bridal make-up in Indonesia, precisely in Blitar City, East Java. This study aims to determine: 1) implementation of the Kresnayana bridal make-up socialization to the Blitar community, especially in Ngadri Village, 2) activities of participant for the Kresnayana bridal make-up, 3) participants knowledge after socialization of the Kresnayana bridal make-up, and 4) participant's response after Kresnayana bridal makeup has been socialized. This type of research is a pre-experimental study with the research design "one-shot case study design". The subjects of this study were Ngadri villager in Blitar Regency. Data collection methods use observation, tests and questionnaires. Analysis of the data used is the average formula and percentage. The results of the study can be shown as follows: 1) the implementation of socialization is in very good category with average score of 3.58, 2) the activities of the participants is in very good category with average score of 3.62, 3) the participant's knowledge after socialization is 94.25 which means very good, and 4) the participants' responses reached very good criteria with the acquisition of a value of 98.25%.
Keywords: Kresnayana Bridal Makeup, Blitar.