PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DARING SENI BUDAYA (TARI) KELAS XI DI SMAN 1 KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR
USE OF YOUTUBE APPLICATION AS A MEDIA IN LEARNING CLASS XI CLASS OF CULTURAL ARTS (DANCE) IN SMAN 1 KADEMANGAN BLITAR DISTRICT
SMA Negeri 1 Kademangan Kabupaten Blitar merupakan salah
satu lembaga pendidikan formal yang terkena dampak pandemi covid-19.
Seluruh pembelajaran di lakukan daring salah satunya adalah mata
pelajaran seni budaya (tari). Aplikasi Youtube merupakan solusi yang
diterapkan di SMAN 1 Kademangan oleh guru mata pelajaran, guru
mengharuskan siswa mengupload hasil videp praktik tari di youtube
sehingga dapat dilihat oleh siapapun. Praktik tersebut adalah hal positif
yang penggunaan aplikasi youtube. Maka dari itu tujuan utama penelitian
ini yaitu melihat hasil penggunaan aplikasi youtube pada pembelajaran
daring seni budaya (tari) kelas XI SMAN 1 Kademangan Kabupaten Blitar
baik itu oleh guru maupun siswa. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah penggunaan aplikasi
youtbe sebagai media pembelajaran daring seni budaya (tari). Teknik
pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan
simpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan Pembelajaran secara daring
adalah solusi terbaik pendidikan pada masa pandemi covid-19.
Pembelajaran daring membantu siswa untuk memenuhi tujuan belajar
dan memahami materi meskipun dilaksanakan secara jarak jauh.
Penggunaan aplikasi youtube merupakan solusi yang diterapkan pada
pembelajaran daring seni budaya (tari) kelas XI di SMAN 1 Kademangan
yang dilaksanakan dengan baik meskipun baru pertama dilakukan oleh
guru dan siswa. Faktor pendukung adalah youtube dapat diakses
kapanpun dan dimanapunSedangkan faktor penghambatnya yaitu kuota
boros, terkendala fasilitas sinyal yang buruk.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Aplikasi Youtube, Seni Budaya (tari)
SMA Negeri 1 Kademangan Blitar Regency is one of the formal
educational institutions affected by the Covid-19 pandemic. All learning
is done online, one of which is the subject of arts and culture (dance). The
Youtube application is a solution implemented at SMAN 1 Kademangan
by subject teachers, teachers require students to upload the results of
dance practice videos on YouTube so that they can be seen by anyone. This
practice is a positive thing with the use of the YouTube application.
Therefore, the main objective of this research is to see the results of using
the YouTube application in online learning of cultural arts (dance) in class
XI of SMAN 1 Kademangan, Blitar Regency, both by teachers and
students. This research uses qualitative research. The object of this
research is the use of the Youtbe application as an online learning medium
for arts and culture (dance). Data collection techniques by means of
observation, interviews, and documentation. The data validity used
source triangulation and technique triangulation. Data analysis
techniques used data reduction, data presentation and conclusions. The
results of this study conclude that online learning is the best solution for
education during the Covid-19 pandemic. Online learning helps students
to meet learning objectives and understand material even if it is carried
out remotely. The use of the youtube application is a solution applied to
online learning of cultural arts (dance) class XI at SMAN 1 Kademangan
which is implemented well even though it is the first time it is done by
teachers and students. The supporting factor is that YouTube can be
accessed anytime and anywhere, while the inhibiting factor is wasteful
quota, constrained by bad signal facilities.
Keywords: Online Learning, Youtube, Cultural Arts (dance)