PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL COLORING AIR BLANDING TECHNIQUE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK KECANTIKAN
Making Airblanding Technique Coloring as Learning Media at Beauty Vacation School
Pewarnaan menggunakan airblanding technique adalah salah satu teknik yang dapat diterapkann pada kompetensi dasar pewarnaan aplikasi ganda yang diajarkan di SMK. Normalnya materi ini diajarkan secara tatap muka karena harus dilakukan praktik setelah penyampaian teori. Namun pada masa pandemi covid-19 ini proses pembelajaran terpaksa dilaksanaan secara online. Maka dari itu penggunaan media pembelajaran video tutorial ini cukup efektif untuk digunakan di era pandemi covid-19. Tujuan pembuatan media pembelajaran video tutorial ini agar mempermudah proses pembelajaran yang membutuhkan praktik. Kegunaannya untuk memberikan demonstrasi sebelum melakukan praktik. Pembuatan media pembelajaran video tutorial ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan video ini adalah tidak memakan banyak waktu untuk menerangkan materi dan demonstrasi, dapat dipelajari terlebih dahulu sebelum melakukan praktikum, dan menjadi media pembelajaran yang lebih menarik. Rata-rata penilaian dari validator dosen dan guru SMK mencakup 85% yaitu termasuk kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran video tutorial ini sudah sangat baik dan cocok untuk digunakan untuk proses pembelajaran walaupun masih harus diperbaiki lagi.
Coloring using the airblanding technique is one of the techniques that can be applied to the basic competence of dual application coloring taught in SMK. Normally this material was taught face-to-face because it has to be practiced after the theory is delivered. However, during the COVID-19 pandemic, the learning process had to be carried out online. Therefore, the use of this video tutorial learning media is quite effective for use in the era of the COVID-19 pandemic. The purpose of making this tutorial video learning media is to facilitate the learning process that requires practice. Its usefulness is to provide a demonstration before doing practice. Making this video tutorial learning media has several advantages and disadvantages. The advantages of this video are that it does not take much time to explain the material and demonstrations, it can be studied before doing the practicum, and it becomes a more interesting learning media. The average assessment of the validator of vocational lecturers and teachers covers 85%, which is in the very good category. This shows that this video tutorial learning media is very good and suitable for use in the learning process although it still needs to be improved.