ETHNOMATHEMATIC EXPLORATION IN PARI SIDOARJO TEMPLE BASED ON GEOMETRY CONCEPT IN ELEMENTARY SCHOOL
Nilai-nilai budaya kearifan lokal daerah setempat dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika berbasis budaya lokal yang dikenal dengan etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep geometri yang ada di Candi Pari Sidoarjo melalui kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh peneliti. Eksplorasi etnomatematika pada Candi Pari ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, kajian studi literatur dan wawancara. Penelitian ini melalui 4 tahapan yaitu tahap penelitian pendahuluan dengan mencari studi literatur, tahap persiapan dengan menyiapkan instrumen dan validasi instrumen yang akan digunakan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Hasil penelitian menjelaskan: (1) adanya konsep geometri dalam Candi Pari di Sidoarjo yang meliputi bangun datar (persegi, persegi panjang, trapesium, lingkaran dan segitiga) serta bangun ruang (balok dan limas); (2) konsep geometri yang ditemukan dalam Candi Pari dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber pembelajaran matematika berbasis budaya lokal, dimana siswa akan diajak mempelajari sejarah Candi Pari dan khususnya konsep geometri untuk memudahkan siswa mengetahui konsep lebih mendalam.
Kata Kunci: etnomatematika, Candi Pari, geometri, pembelajaran matematika
The cultural values of local wisdom of the local area can be linked to the learning of mathematics based on local culture known as ethnomatematics. The purpose of this study is to describe the concept of geometry in Candi Pari Sidoarjo through exploration activities carried out by researchers. Ethnomathematics exploration in Candi Pari used a qualitative approach. Sources of data in this study using data from observations, documentation, literature studies and interviews. This research went through 4 stages, namely the preliminary research stage by looking for literature studies, the preparation stage by preparing the instruments and validating the instruments to be used, the implementation stage and the data analysis stage. The results of this study describe that: (1) there is a geometric concept in Candi Pari in Sidoarjo consisting of flat shapes (square, rectangle, trapezoid, circle and triangle) and space shapes (beam and pyramid); (2) the geometry concept found in Candi Pari can be used as an alternative source of learning mathematics based on local culture, where students are invited to learn the history of Candi Pari and especially the concept of geometry, from here it will make it easier for students to know more in-depth concepts.
Keyword: ethnomatematics, Pari temple, geometry, mathematics learning