Model Pembelajaran Application of Step Instruction and Elaboration (APPOSITE) merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk melatihkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa S1. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran APPOSITE yang layak (valid, praktis, dan efektif) untuk melatihkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran fisika. Tahapan dalam model pembelajaran APPOSITE terdiri atas: 1) tahap invitasi 2) tahap eksplorasi 3) tahap elaborasi 4) tahap penjelasan dan solusi 5) tahap pengambilan tindakan 6) tahap pengujian dan 7) tahap refleksi diri. Penelitian dilakukan di Program Studi S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember Tahun Akademik 2015/2016. Penelitian ini melibatkan 92 mahasiswa yang terbagi 12 mahasiswa untuk uji awal terbatas, 20 mahasiswa pada uji terbatas dan 60 mahasiswa pada uji luas yang dibagi dalam 3 kelas masing-masing kelas berjumlah 20 mahasiswa, untuk implementasi pengembangan serta pemantapan model. Pada penulisan ini terdapat tiga fase yang meliputi : 1) fase pengembangan model untuk menguji validitas model, perangkat dan karakteristik model 2) fase uji coba pemantapan model mengkaji keterlaksanaan perangkat, kendala serta kepraktisan 3) fase implementasi pengembangan model untuk mengkaji peningkatan hasil belajar yang merupakan penguasaan konsep, efektifitas model dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran APPOSITE valid, praktis, efektif dan layak digunakan untuk melatihkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika pada mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Fisika.
Application of Step Learning Model Instruction and Elaboration (APPOSITE) is a learning model designed to train mastery of concepts and the ability to think creatively in S1 students. The purpose of this study was to develop an appropriate (valid, practical, and effective) APPOSITE learning model to train mastery of concepts and students' creative thinking skills in physics learning. Stages in the APPOSITE learning model consist of 1) invitations 2) exploration 3) elaboration 4) explanation and solution 5) action taking 6) testing phase and 7) self-reflection. The study was conducted at the Faculty of Physics FKIP University Jember S1 Education Study Program 2015/2016 Academic Year. This study involved 92 students: 12 students for a limited initial test, 20 students in a limited test and 60 students in a broad test divided into 3 classes of each class totaling 20 students, for the implementation of the development and stabilization of the model. At this writing there are three phases: 1) the model development phase to test the validity of the model, tools, and characteristics of the model 2) the trial phase of strengthening the model examines the implementation of the device, constraints and practicality 3) the implementation phase of the model development to study learning outcomes which are mastery of concepts, model effectiveness and students' creative thinking abilities. The results of the research are the APPOSITE learning model is valid, practical, effective and flexible to use to practice mastery of concepts and the ability to think creatively in learning physics in S1 Physics Education