Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Multi Situs di SMAN 1 Sampit dan SMAN 2 Sampit)
Managerial Skills of The Principal In Improving the Quality of Education (Multi Site at SMAN 1 Sampit and SMAN 2 Sampit)
Al Mubarok, M Darwisy. 2022. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Multi Situs di SMAN 1 Sampit dan SMAN 2 Sampit). Tesis, Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Dewi Tri Wijayati Wardoyo, M. Si dan (2) Dr. Soedjarwo, MS.
Kata Kunci: Keterampilan Manajerial, Mutu Pendidikan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menemukan, dan mendeskripsikan keterampilan manajerial kepala sekolah yang mencakup (1) keterampilan konseptual, (2) keterampilan manusiawi, dan (3) keterampilan teknik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus tunggal dan lintas situs. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui credibility, transferability, dependability, dan konfirmability. Hasil penelitian ini menemukan (1) Keterampilan konseptual kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dilakukan berupa (a) perencanaan dalam hal perumusan visi, misi dan tujuan dan mampu menjabarkannya ke dalam program sekolah yang berdasarkan evaluasi diri kemudian analisis SWOT, menyusun progam kerja bersama suluruh warga sekolah beserta komite, (b) menetapkan strategi berdasarkan analisis SWOT dan menerapkan prinsip kepercayaan, (c) membuat kebijakan berdasarkan analisis SWOT dan menerapkan prinsip demokratis dan partisipatif, (d) kemudian membuat keputusan membentuk sebuah tim khusus dan menerapkan demokratis. (2) Keterampilan hubungan manusiawi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berupa (a) Dalam menjalin kerjasama dan komunikasi dengan guru yakni kepala sekolah mengadakan sebuah pertemuan berupa rapat, diskusi, rekreasi, kegiatan social dan silaturrahmi ke rumah guru-guru (diluar kegiatan sekolah), (b) Mampu menempatkan diri bersama-sama guru memberi bimbingan, wawasan dan motivasi kepada guru agar kinerjanya semakin membaik, (c) Memberi penghargaan kepada guru yang berprestasi baik berupa uang pembinaan maupun sertifikat penghargaan, dan (d) Menjalin kerjasama dan komunikasi dengan komite sekolah, orang tua dan siswa, dan (3) Keterampilan teknik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, berupa (a) pengelolaan sarana dan prasarana dibuktikan dengan peralatan-peralatan yang lengkap, bersih, terawat, dan (b) Membantu guru dalam perbaikan pembelajaran yakni kepala sekolah melakukan pemantauan setiap kinerja guru melalui supervisi, melakukan evaluasi terhadap kinerja guru, dan melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut. Berdasarkan temuan hasil penelitian di atas maka rekomendasi yang diajukan untuk keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu hendaknya kepala sekolah selalu menambah pengetahuan dan memperluas skill manajerial melalui budaya mengikuti pelatihan dan membaca secara berkelanjutan.
Al Mubarok, M Darwisy. 2022. Managerial Skills of The Principal In Improving the Quality of Education (Multi Site at SMAN 1 Sampit and SMAN 2 Sampit). Master Thesis, Education Management Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor: (1) Prof. Dr. Dewi Tri Wijayati Wardoyo, M. Si and (2) Dr. Soedjarwo, MS.
Keyword: Managerial Skills, Quality of Education
This study aims to analyze, find, and describe the managerial skills of principals including (1) conceptual skills, (2) human skills, and (3) technical skills in improving the quality of education. This research type is descriptive qualitative with a multi-site study design. Data collection techniques through in-depth interviews, observation and documentation. Data were analyzed iteratively through single-case and cross-site analysis. Data analysis techniques consist of data collection, data condensation, data presentation, and conclusions. The technique of checking the validity of the data is done through credibility, transferability, dependability, dan konfirmability. The results of this study found (1) The principal's conceptual skills in improving the quality of education are carried out in the form of (a) planning in terms of formulating vision, mission and goals and being able to translate them into the school programs based on self-evaluation and then SWOT analysis, developing a work program with all school members and committees, (b) establish a strategy based on a SWOT analysis and apply the principles of trust, (c) make policies based on SWOT analysis and apply democratic and participatory principles, (d) then make a decision to form a special team and apply the democratically. (2) The principal's human relations skills in improving the quality of education in the form of (a) In establishing cooperation and communication with teachers, the principal holds a meeting in the form of meetings, discussions, recreation, social activities and silaturrahmi to the teachers' homes (besides of school activities), (b) Able to place themselves together with teachers to provide guidance, insight and motivation to teachers so that their performance is getting better, (c) Giving awards to achieve teacher, in the form of coaching money or certificates of appreciation, and (d) Establish cooperation and communication with school committees, parents and students, and (3) The principal's technical skills in improving the quality of education, in the form of (a) The management of facilities and infrastructure is evidenced by complete, clean, well-maintained, and (b) Assisting teachers in improving learning, namely the principal monitoring each teacher's performance through supervision, evaluating teacher performance, and following up on the results of the evaluation. Based on the findings of the study, the recommendations proposed for the managerial skills of principals in improving the quality of education are, principals should always increase knowledge and expand managerial skills through training and reading on an ongoing basis.