MEMBANTU SISWA KELAS XI DALAM MEMAHAMI TEKS PENJELASAN MELALUI COLLABORATIF STRATEGIS READING
ASSISTING ELEVENTH GRADERS’ IN COMPREHENDING EXPLANATION TEXT THROUGH COLLABORATIVE STRATEGIC READING
Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa yang harus dikuasai oleh siswa dalam belajar Bahasa Inggris selain mendengarkan, berbicara, dan menulis. Membaca adalah cara pembaca dalam menafsirkan makna teks. Oleh karena itu, siswa perlu membaca secara komprehensif. Namun, membaca secara komprehensif masih sulit dilakukan oleh siswa dalam belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Ada banyak siswa yang masih kurang tertarik pada kegiatan membaca karena mereka memiliki kekurangan kosa kata dan mereka mengalami kesulitan dalam menghubungkan teks dengan pengetahuan latar belakang mereka. Faktor lain dari kesulitan siswa dalam membaca adalah ada beberapa guru yang jarang menerapkan strategi khusus dalam mengajar membaca. Salah satu strategi terbaik yang dapat diterapkan dalam pengajaran membaca disebut strategi CSR. Selain itu, mengarah pada tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pemahaman membaca siswa dalam teks ekspalanasi melalui strategi CSR.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengamati aktivitas guru Bahasa Inggris ketika mengajarkan teks eksplanasi. Kepada siswa dengan menerapkan tahapan strategi PQ4R di salah satu sekolah menengah atas di Mojokerto. Selain itu, selama penerapan para siswa diminta untuk memahami penjelasan dari guru, menjawab pertanyaan guru, memperhatikan dengan seksama video yang diputarkan oleh guru, membaca teks yang diberikan oleh guru, berkelompok untuk menjawab tahapan yang terdapat pada strategi, dan menjawab soal pemahaman yang diberikan oleh guru. Data diperoleh melalui observasi dan tugas membaca siswa. Data dianalisis melalui tiga langkah; familiarizing and organizing, coding and reducing, interpreting and representing.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan tahapan strategi CSR dalam mengajar teks membaca eksplanasi mulai dari pembukaan hingga penutupan. Hasil tugas membaca siswa juga dianalisis berdasarkan empat tahapan; yaitu adalah preview, click and clunk, get the gist, dan wrap up. Selama penerapan strategi CSR, guru tidak menghadapi kesulitan dalam semua tahap. Selain guru telah menerapkan strategi CSR di kelas, siswa juga sudah mengikuti semua tahapan dengan aktif dan semangat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sebagian besar kelompok sudah memahami strategi ini walaupun ada beberapa kelompok yang masih merasa kesulitan dalam tahapan click and clunk. Pada tahapan get the gist dan wrap up semua kelompok juga dapat mengembangkan ide-ide mereka melalui catatan yang mereka tulis dan mengekspresikannya dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri, dan sebagian besar mereka juga dapat menjawab soal pemahaman dengan benar dan tepat. Selain itu, hasil penelitian ini menyatakan bahwa sebagian besar siswa memahami bacaan teks eksplanasi dengan menggunakan penerapan strategi CSR yang dilakukan oleh guru di kelas.
Reading is one of the four language skills that must be mastered by students in learning English besides listening, speaking and writing. Reading is the reader's way of interpreting the meaning of the text. Therefore, students need to read comprehensively. However, comprehensive reading is still difficult for students to learn English as a foreign language. There are many students who are still not interested in reading activities because they have a lack of vocabulary and they have difficulty connecting texts with their background knowledge. Another factor of students' difficulties in reading is that there are some teachers who rarely apply specific strategies in teaching reading. One of the best strategies that can be applied in teaching reading is called CSR strategy. In addition, the aim of this study is to investigate students' reading comprehension in explanation texts through CSR strategies.
This research is a qualitative research that observes the activities of English teachers when they prohibit explanation text to students by implementing the PQ4R strategy stages in one of the senior high schools in Mojokerto. In addition, during implementation the students were asked to understand the teacher's explanation, answer the teacher's questions, pay close attention to the video played by the teacher, read the text given by the teacher, the group to answer the stages contained in the strategy, and answer the comprehension questions given by the teacher. Teacher. The data were obtained through observation and students' reading assignments. Data were analyzed through three steps; familiarizing and organizing, coding and reducing, interpreting and representing.
The results of this study indicate that teachers have implemented CSR strategy stages in teaching explanation reading texts from opening to closing. The results of students' reading assignments were also analyzed based on four stages; namely preview, click and clunk, get the gist, and wrap up. During the implementation of the CSR strategy, the teacher experienced no difficulties at all stages. In addition to teachers implementing CSR strategies in class, students have also participated in all stages actively and enthusiastically. Thus, it can be said that most of the groups have understood this strategy although there are some groups that still find it difficult in the click and clunk stage. At the stage of getting the gist and wrapping all groups can also develop their ideas through the notes they write and express them using their own words, and most of them can also answer comprehension questions correctly and correctly. In addition, the results of this study state that most students understand the reading of explanation text by implementing the CSR strategy carried out by the teacher in class.