KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UM
KM) PADA APLIKASI E-PEKEN DI SURABAYA
PRODUCT MARKETING COMMUNICATION OF MICRO SMALL MEDIUM ENTERPRISES (MSMEs) IN THE E-PEKEN APPLICATION IN SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada aplikasi E-Peken di kota Surabaya. Peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran 4P dalam menelusuri bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh para pelaku UMKM. Penelitianinimenggunakanmetode studi kasus untuk mendapatkan data yang relavan dan kredibel. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dari para informan yang merupakan pelakuUMKMdiKota Surabaya yang menggunakan E-Peken, serta perwakilan dari Dinas Koperasi dan Perdagangan yang menaungi sektor UMKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa Para pelaku UMKM di kota Surabaya menggunakan strategi komunikasi pemasaran 4P yang diaplikasikan secara dinamis, sesuai dengan sektor usaha mereka masing-masing diantaranya yaitu Produk dan harga, Promosi produk, tempat usaha dan buktifisik,sertatimdankeseluruhanprosesdalammenjalankanUMKM.
Keywords: Komunikasi Pemasaran, UMKM, E-Peken
This study aims to find out how the marketing communication of micro, small and medium enterprises products is used in the E-Peken application in Surabaya. The researcher used the 4P marketing communication theory in tracing how MSMEs actors implement the communication strategy. This study used the case study methodtoobtain relevant and credible data. Datacollectionwascarriedoutbyobservation, interviews, and documentation from informants whoareMSMEsactorsin Surabaya who use E-Peken, as well as representatives from the Office of Cooperatives and Trade, which oversees the MSMEs sector. The results of the study showed that MSMEs actors in Surabaya use the 4P marketing communication strategy, which is applied dynamically according to their respective business sectors, including products and prices, product promotion, place of business, and physical evidence, as well as the team andthewholeprocessofcarryingoutMSMEs.
Keywords: Marketing Communications,MSMEs,E-Peken