ABSTRAK
Candra
Kartikasari. 2021 . Pengembangan
Media Video Sidoarjo Story Sound Terhadap
Kemampuan Menyimak dan Mengenal Lingkungan Sosial Pada Kelompok B di TK Happy
Kids School Buduran Sidoarjo . Tesis ,
Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Pascasarjana Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Hendratno,M.Hum dan (II) Dr.
H. Andi Mariono,M.Pd.
Kata
Kunci : Video
Sidoarjo Story Sound, Kemampuan Menyimak, Mengenal Lingkungan Sosial
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan Media Video Sidoarjo Story Sound pada anak kelompok B. Dengan subjek penelitian
anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Happy Kids School Buduran Sidoarjo dengan
jumlah 20 anak dan 1 guru.
Metode
dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunaan desain
pembelajaran model ADDIE (Analyze, Desig,
Development, Implementation , Evaluations). Data pada penelitian ini berupa
skor hasil validitas oleh ahli media dan ahli materi, yang berupa skor
tanggapan ahli media dan ahli materi, guru yang ada dilembaga, dan 20 anak
kelompok B di TK Happy Kids School. Instrumen pengumpul data yang digunakan
adalah angket dan kuisioner. Dalam Penelitian ini menggunakan teknik analisis
statistik deskriptif kuantitatif.
Temuan penelitian ini
menunjukan hasil bahwa Media Video Sidoarjo
Story Sound sangat layak, efektif dan praktis terhadap kemampuan menyimak
dan mengenal lingkungan sosial pada kelompok B sesuai hasil presentase yang diperoleh
97,64 % dengan nilai 4 pada masing-masing indikator. Pada uji coba lapangan
terhadap 20 anak dari nilai pretest maupun post test dengan mean ranks ata rata-rata peningkatan sebesar
15,50, sedangkan jumlah rangking positif atau sum of ranks adalah sebesar 465,00.
Media
Pengembangan Video Sidoarjo Story Sound
terhadap kemampuan menyimak dan mengenal lingkungan sosial pada kelompok B bisa
digunakan sebagai sumber belajar maupun media pembelajaran yang dapat
dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain, menyesuaikan perkembangan
teknologi serta kurikulum yang digunakan disekolah.