Relasi Kuasa Guru Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum di Depok
The Relation Of Teacher's Authority In Order To Teach Islamic Education In Depok Public Schools
Guru memiliki kuasa penuh dalam penerapan metode mengajar yang digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Michel Foucault menjelaskan bahwa kekuasaan bersifat menyebar dan dimiliki oleh siapa saja. Kekuasaan juga dimiliki oleh seorang guru yang mengajar di sekolah tidak terkecuali guru agama Islam. Setiap individu memiliki cara dan bentuk yang berbeda dalam menerapkan kekuasaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara dan bentuk kekuasaan yang diterapkan oleh guru agama Islam di sekolah umum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan genealogi kekuasaan Foucault. Lokasi penelitian ini dilakukan di kota Depok. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konsep kekuasaan saling berkaitan dengan wacana, pengetahuan, dan kebenaran. Cara guru agama Islam menerapkan kekuasaanya melalui mekanisme pendisiplinan yang melibatkan pengawasan dan hukuman. Guru berperan sebagai pengawas dan individu yang relevan. Bentuk kekuasaan yang diterapkan guru agama Islam di sekolah dapat berupa kegiatan rutin keagamaan, tugas sekolah dan peraturan.
The teacher has authority to apply teaching methods used in the learning process on classroom. Michel Foucault explains that authority spreads and belong to anybody. The authority is also owned by a teacher who teaches in a school, including the Islamic religion teacher. Each person has a different way and different form to apply it. This study aims to see how and the forms of authority applied by Islamic religious teachers in public schools. This study uses a qualitative method with a genealogy approach to Foucault’s authority. The research location was conducted in Depok. The results of this study indicate that the concept of authority is interrelated with discourse, knowledge and truth. The way Islamic religious teachers exercise their authority through a disciplinary program that involves supervision and prohibition. The teacher’s role as a supervisior and a relevant individual. Forms of authority applied by Islamic religious teachers in schools can be in the form of routine religious activities, school assignments, regulations.