Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Guided Inquiry Learning Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan
Improving Student Critical Thinking Skills Using Guided Inquiry Learning Model On Energi In Life System Topic
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan penerapan model guided inquiry learning. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one grup pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sidoarjo karena rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dan belum pernah diterapkan model guided inquiry learning. Subjek yang digunakan yaitu kelas 7F dan 7G. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes berupa soal uraian yang sesuai dengan indikator keterampilan berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian didapatkan data : (1) Keterlaksanaan pembelajaran pada tiga pertemuan di kelas 7F maupun 7G memperoleh persentase skor diatas 81% dengan kategori sangat baik. (2) Terjadi peningkatan persentase ketercapaian setiap aspek keterampilan berpikir kritis. Peningkatan N-gain keterampilan berpikir kritis di kelas 7F dan 7G masing-masing sebesar 0,75 dan 0,82 dengan kategori tinggi. (3) Hasil respon peserta didik menunjukkan respon positif dengan persentase pada kelas 7F sebesar 93% dan 96% pada kelas 7G dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan dapat diterapkan pada materi energi dalam sistem kehidupan.
Kata Kunci : keterampilan berpikir kritis, guided inquiry, energi dalam sistem kehidupan
This study aims to describe the improvement of students' critical thinking skills by applying guided inquiry learning model. This research used pre-experimental design with One-Group Pre-test-Post-test design type. This study was conducted at JHS 1 Sidoarjo because of the students' critical thinking skills were low and guided inquiry learning model has never been applied. The subjects used in this study were 29 students from each class 7F and 7G. The method of this research is descriptive quantitative. Observation of guided inquiry implementation, critical thinking skills test and student response questionnaires were data collection methods that used in this study. The research results obtained data : (1) The implementation of guided inquiry in 7F and 7G obtained score percentage above 81% with excellent category. (2) There was an increase in the percentage of achievement from each indicator of critical thinking skills. An increase of critical thinking skills in 7F and 7G were 0.75 and 0,82 with high category based on N-gain score. (3) The results of the response of students showed a positive response as evidenced by the results of questionnaire percentage 93% and 96% with excellent category. Based on these results, it can be concluded that the guided inquiry learning model can improve students' critical thinking skills and can be applied to the energy in life system topic.
Keywords:: critical thinking skills, guided inquiry, energy in life system.