Designing a Rolly MSME Promotion Strategy in Nganjuk, East Java
Salah satu UMKM bergerak di bidang food & beverage yaitu UMKM Rolly berdiri Pada tahun 1997 UMKM Catering Rolly & Egg Roll resmi didirikan oleh pemiliknya oleh ibu Marsriana. Selama ini mereka mempromosikan produknya ke sekitaran masyarakat Ganungkidul. Dalam media promosinya UMKM Rolly hanya mengandalkan kartu nama dan banner sebagai media promosinya dimana kedua media ini tidak memiliki jangkauan yang luas dan juga lokasi UMKM Rolly tidak mudah dijangkau di tengah kota membuat media banner dan kartu nama tidak cukup efektif dalam menjangkau masyarakat yang lebih luas. Terdapat dua teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara dan observasi. Metode analisa yang digunakan adalah analisis SWOT dan USP. Perancangan Konsep desain menggunakan banner dan poster A4 dengan memanfaatkan illustrasi vector dan warna yang disesuaikan dengan target audiens yaitu Wanita umur 24-48 tahun. Dalam pembuatan strategi promosi untuk UMKM Rolly menghasilkan perancangan media promosi berupa banner, X-Banner, totebag, kalender, poster A4, mug dan trifold. Media promosi yang dilakukan menggunakan kalimat promosi sesuai target audiens yang dituju agar promosi dapat menjaring konsumen yang lebih luas. Hasil review menurut pemilik UMKM Rolly pembuatan banner sudah bagus dan memuaskan, pembuatan desain poster sudah cukup bagus, desain mug juga terlihat bagus, untuk totebag lebih baik diganti ke media paperbag agar lebih kokoh, untuk trifold sudah cukup bagus walau belum semua produk masuk, desain kalender sudah cukup bagus.
Keywords: UMKM;Promosi;Media
One of the SMEs engaged in the food & beverage sector, namely the UMKM Rolly, was founded in 1997, the MSME Catering Rolly & Egg Roll was officially founded by its owner, Mrs. Marsriana. So far, they have been promoting their products to the surrounding Ganungkidul community. In its promotional media, UMKM Rolly only relies on business cards and banners as its promotional media where these two media do not have a wide reach and also the location of UMKM Rolly is not easy to reach in the city center, making banner media and business cards not effective enough in reaching the wider community. There are two data collection techniques that are carried out, namely through interviews and observation. The analytical method used is SWOT and USP analysis. Design The design concept uses A4 banners and posters by utilizing vector illustrations and colors adapted to the target audience, namely women aged 24-48 years. In making promotion strategies for MSMEs, Rolly produced promotional media designs in the form of banners, X-banners, tote bags, calendars, A4 posters, mugs and trifolds. Media promotions are carried out using promotional sentences according to the intended target audience so that promotions can cater to a wider range of consumers. The results of the review according to the owner of UMKM Rolly making banners are good and satisfying, making poster designs is quite good, mug designs also look good, for tote bags it is better to change to paper bag media to make it more sturdy, for trifolds it is quite good even though not all products are included, the design calendar is pretty good.
Keywords: UMKM;Promotion;Media