Berdasarkan
observasi yang dilakukan pada beberapa SD di Kabupaten Ponorogo, kegiatan pembelajaran
masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara langsung. Diperlukan
media interaktif untuk mengajak siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengembangkan media interaktif game Undercover materi tata surya yang layak berdasarkan kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan media. Sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar siswa membuat siswa lebih mudah memahami
materi.
Penelitian ini termasuk
jenis penelitian pengembangan atau dalam istilah lain disebut Research and Development (R&D)
menggunakan
model Borg and Gall yang sudah diadaptasi oleh Sugiyono. Penelitian ini
membatasi hanya 8 tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain
produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Desain uji
coba produk menggunakan one group
pretest-posttest.
Kevalidan
media diketahui dari validasi media yang memperoleh persentase 90% dengan
kriteria sangat valid, dan validasi materi 91,7% dengan kriteria sangat valid.
Kepraktisan diketahui dari hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 92,8% dengan
kriteria sangat praktis, dan hasil respon guru sebesar 89,1% dengan kriteria
sangat praktis pada uji coba produk. Kemudian pada uji coba pemakaian, hasil
respon siswa memperoleh persentase sebesar 93,6% dengan kriteria sangat praktis
dan hasil respon guru sebesar 94,5% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan
media diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 90,3% dengan
kriteria sangat baik, dan N-Gain memperoleh skor sebesar 0,73 dengan kriteria
tinggi. Sehingga, game Undercover materi tata surya layak untuk digunakan.