CHILDREN'S LEARNING STYLE IN NOVEL CHILDREN'S WORKS STUDY THE THEORY OF BOBBI DE PORTER AND MIKE HERNACKI
Kata kunci : Gaya Belajar Anak, Visual, Auditori, Kinestetik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar anak dalam novel karya anak yang dapat menjadi sumber pengetahuan karakteristik gaya belajar anak. Tujuan selanjutnya yakni untuk mendeskripsikan gaya belajar anak dalam novel karya anak. Gaya belajar anak merupakan hal utama yang perlu diperhatikan oleh orang tua maupun pendidik untuk mengembangkan kemampuan belajar anak dalam meningkatkan hasil belajar anak. Keberhasilan belajar anak tidaklah lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi, Gaya belajar merupakan sebuah kombinasi antara kemampuan menyerap, mengatur, dan mengolah informasi dari setiap individu untuk mencapai tujuan belajar. Tiap anak memiliki gaya belajar masing-masing untuk menyerap serta memahami suatu pembelajaran. Adapun gaya belajar dibagi menjadi tiga tipe yakni gaya belajar anak tipe visual, gaya belajar anak tipe auditori, gaya belajar anak tipe kinestetik. Gaya belajar visual mengandalkan indera penglihatan sebagai alat utama memperoleh dan menyerap informasi. Gaya belajar auditori mengandalkan indera pendengaran sebagai alat utama untuk memperoleh dan menyerap informasi. Gaya belajar kinestetik mengandalkan gerak anggota tubuh untuk memperoleh dan menyerap informasi. Sehingga penelitian ini menarik untuk dilakukan.
Hasil penelitian ini adalah temuan karakteristik gaya belajar anak dengan tipe visual, auditori, dan kinestetik dalam novel karya anak. Gaya belajar tersebut diuraikan sesuai dengan karakteristik masing-masing. Gaya belajar visual dengan karakteristik indera penglihatan yang kuat. Gaya belajar auditori dengan karakteristik indera pendengaran yang kuat. Gaya kinestetik dengan karakteristik gerak tubuh yang kuat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena data yang telah diperoleh berupa teks tertulis. Sumber data pada penelitian ini adalah novel karya anak “Sekolah Alam Seru”, “Laboratorium Liana, dan “Smart Melly”. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak baca dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, teknik ini digunakan untuk keperluan menuturkan dan menafsirkan data yang telah didapat.
Keywords: Child Learning Style, Visual, Auditory, Kinesthetic.
The purpose of this study is to analyze children's learning styles in children's novels that can be a source of knowledge of children's learning style characteristics. The next goal is to describe children's learning styles in children's novels. Children's learning styles are the main things that need to be considered by parents and educators to develop children's learning abilities in improving children's learning outcomes. Children's learning success is inseparable from several factors that influence, learning style is a combination of the ability to absorb, organize, and process information from each individual to achieve learning goals. Each child has their own learning style to absorb and understand a learning. The learning styles are divided into three types namely learning styles of visual type children, learning styles of auditory type children, learning styles of kinesthetic type children. Visual learning styles rely on the sense of sight as the main means of obtaining and absorbing information. Auditory learning styles rely on the sense of hearing as the main tool to obtain and absorb information. Kinesthetic learning styles rely on limb movements to obtain and absorb information. So this research is interesting to do.
The results of this study are the findings of the characteristics of children's learning styles with visual, auditory, and kinesthetic types in children's novels. Learning styles are described according to their respective characteristics. Visual learning style with strong visual sense characteristics. Auditory learning style with strong auditory characteristics. Kinesthetic style with strong body motion characteristics. This research is a qualitative descriptive study because the data obtained in the form of written text. Sources of data in this study are children's novels "Sekolah Alam Seru", "Laboratorium Liana”, and" Smart Melly ". Data collection methods used are the method of reading and reading and note taking techniques. Data analysis method used is descriptive analysis technique, this technique is used for the purposes of telling and interpreting the data that has been obtained.