ABSTRAK
Distyasa, Mira
Juwita Eva. 2022. Perbandingan hasil
belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran blended learning dengan
project based learning ditinjau dari tingkat berfikir kreatif siswa pada mata p elajaran dasar desain grafis . Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana,
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof.Dr.Elizabeth Titiek Winanti,
M.S., dan (II) Dr. I.G.P. Asto Buditjahjanto.
Latar belakang dari penelitian ini
adalah terdapat sekolah di Surabaya yang masih
menggunakan model pembelajaran konvensional di mana guru masih menjadi
sumber belajar (teacher centered ).
Model pembelajaran yang tepat dapat memaksimalkan hasil belajar siswa dan
tujuan pembelajaran akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk
menemukan seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran blended learning dengan
model pembelajaran project based learning
pada mata pelajaran dasar desain di SMK Giki 1 Surabaya. (2) Untuk menemukan
seberapa besar perbedaan hasil belajar bagi siswa dengan tingkat kreativitas
tinggi dan hasil belajar siswa dengan tingkat kreativitas rendah pada mata
pelajaran dasar desain di SMK Giki 1 Surabaya. (3) Untuk menemukan seberapa
kuat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kreativitasnya terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain di SMK Giki 1 Surabaya.
Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah desain factorial 2x2 dengan teknik Uji Anava 2 Jalur.
Subjek penelitian akan dibagi menjadi 2 kelompok, yakni: (1) kelompok ekperimen
yang terdiri dari kelompok siswa yang di ajar dengan model pembelajaran blended learning; dan (2) kelompok kontrol yang terdiri dari siswa yang
diajar degan menggunakan model pembelajaran project
based learning .
Hasil penelitian: (1) Siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran blended
learning memperoleh hasil belajar ranah afektif, kognitif dan psikomotor
lebih tinggi secara signifikan dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model
pembelajaran project based learning; (2)
Siswa dengan tingkat berpikir kreatif tinggi memperoleh hasil belajar ranah
afektif, kognitif dan psikomotor lebih tinggi secara signifikan dibandingkan
siswa dengan tingkat berpikir kreatif rendah; (3) Terdapat interaksi yang
signifikan antara model pembelajaran dengan tingkat berpikir kreatif siswa
terhadap hasil belajar ranah afektif, kognitif dan psikomotor.
Kata Kunci : Model pembelajaran blended
learning , model pembelajaran project
based learning , hasil belajar, tingkat berfikir kreatif siswa .