Mata pelajaran pemrogr aman dasar materi struktur kontrol
percabangan berisi tentang logika pemrograman. Dengan mempelajari
materi strukur kontrol percabangan peserta didik mampu menguasi tentang percabangan 1
kondisi, percabangan 2 kondisi, percabangan lebih dari 2 kondisi, dan
percabangan bersarang . Pada kenyataannya masih terdapat banyak peserta
didik yang belum memahaminya. Untuk itu diperlukannya pengembangan multimedia
interaktif berbasis aplikasi android pada
mata pelajaran pemrogr aman dasar materi struktur kontrol percabangan . Tujuan
mengembangkan ini adalah untuk mengetahui multimedia interaktif berbasis
aplikasi android yang layak dan efektif pada mata pelajaran pemrograman dasar materi struktur kontrol
percabangan kelas X multimedia di SMK Negeri 3 Kediri.
Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D)
menurut Sugiyono dengan 10 langkahnya yang diantaranya; 1) Potensi
Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain
Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi
Produk, 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk 10) Produksi Masal. Pengembangan
ini menggunakan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes.
Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang studi pendahuluan untuk
menemukan masalah pembelajaran yang terdapat di SMK Negeri 3 Kediri, angket
digunakan untuk menentukan kelayakan media dan materi, dan tes digunakan untuk
menentukan keefektifan media berdasarkan pengukuran hasil belajar peserta
didik. Terdapat 2 teknik analisis data yaitu teknik analisis data angket
menggunakan rumus presentase dan teknik analisis data tes mengggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data,
hasil uji kelayakan oleh ahli materi mendapat kategori Sangat Baik dengan
presentase 100%, ahli media I dan II mendapat kategori Sangat Baik dengan
presentase 95 %. Sedangkan hasil uji coba perseorangan, kelompok
kecil, dan kelompok besar menujukkan bahwa multimedia interaktif berbasis
aplikasi android layak digunakan pada mata pelajaran pemrograman dasar materi sruktur
kontrol percabangan .
Hasil analisis data test pre-test dan
post-test dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan
analisis data uji test sehingga diperoleh thitung sebesar 4,7931 . Kemudian
dikonsultasikan dengan menggunakan tabel distribusi uji t dengan taraf
signifikasi 5% dan derajat pembagi (db) = (36+36)-2 = 70 maka diperoleh ttabel
sebesar 1,9944. Didapatkan thitung lebih besar daripada ttabel
( 4,7931 > 1,9944).
Sehingga dapat dikatakan multimedia interaktif berbasis aplikasi android
efektif digunakan pada pembelajaran. Dengan demikian setelah dilakukan
penelitian pengembangan maka multimedia interaktif berbasis aplikasi android
pada mata pelajaran pemrograman dasar materi
struktur kontrol percabangan layak dan efektif digunakan dalam
pembelajaran kelas X multimedia SMK Negeri 3 Kediri.
Kata
kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android , Struktur Ko ntrol
Percabangan