Gap pada penelitian ini Cheng dan Mariana (2013) menyatakan metode konvensional efektif dalam meningkatkan hasil hasil belajar dibandingkan modul. Ali (2010) menyatakan pengembangan modul efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan penggunaan metode konvensional. Kebaruan pada penelitian ini adalah pengembangan modul yang disusun dengan mengacu pada kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan modul, mengetahui kelayakan modul dan mengetahui respon siswa terhadap modul pada kelas X Pemasaran di SMK Negeri Mojoagung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan 4-D oleh Thiagarajan (1974) namun penulis hanya menerapkan sampai tahap 3-D (Define, Design, Develop) saja. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri Mojoagung dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data dilakukan melalui proses validasi oleh validator ahli dan angket respon siswa dengan skala likert. Hasil proses validasi ahli secara keseluruhan memperoleh 89% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya hasil respon siswa secara keselurahan memperoleh 85% dengan kategori sangat layak. Keseluruhan hasil validasi ahli dan respon siswa sebesar 87% dengan kategori sangat layak.
Kata Kunci : Modul, model pengembangan, kelayakan
The gap in this study Cheng and Mariana (2013) states that conventional methods are effective in improving learning outcomes comparing modules. Ali (2010) announced the development of effective modules to improve learning outcomes comparing the use of conventional methods. The novelty in this study is the development of modules compiled with approval in the revised 2013 curriculum. This study discusses the development of modules, studying the feasibility module and knowing student responses to modules in the X marketing class at SMK Negeri Mojoagung.
This study uses the 4-D development research method by Thiagarajan (1974) but the authors only apply it to the 3-D (Define, Design, Develop) stage only. The research subjects were students of Class X Marketing 1 at SMK Negeri Mojoagung with 30 students as students. Data analysis techniques are carried out through a validation process by expert validators and student response questionnaires with a Likert scale. The overall results of the expert validation process obtained 89% with a very feasible category. Furthermore, the results of student responses in.general gained 85% with a very decent category. The overall results of expert validation and student responses amounted to 87% with a very decent category.
The conclusion of this study is the development of the basic competency marketing module in segmenting, targeting, and positioning strategies with very feasible categories and can be used in the learning process at SMK Negeri Mojoagung.