Otonomi daerah yang diberlakukan di Indonesia menuntut daerah untuk menjadi daerah yang mandiri dengan dapat mengelola urusan pemerintahannya sendiri. Dengan adanya beban otonomi daerah diharapkan pemerintah daerah bisa memaksimalkan potensi daerahnya. Potensi yang dapat dioptimalkan oleh pemerintah daerah salah satunya adalah sektor keuangan yang nantinya akan dijadikan modal untuk dijadikan pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia yang nantinya akan memberikan efek dalam mensejahterakan masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunkan menggunkan pendektan kuantitatif dan data sekunder berupa time series periode 2013-2017. Variabel penelitian terdiri dari variabel dependen yaitu pendapatan asli daerah (Y) dan variabel independen yaitu pajak reklame (X). Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pajak reklame berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah, namun tidak secara signiffikan. Dibuktikan melalui pengujian dimana variabel pajak reklame dengan t hitung sebesar 2,576 lebih kecil daripada t tabel 3,182 (t hitung < t tabel) atau nilai signifikan lebih besar daripada alpha 0,082 > 0,05. Tetapi pajak reklame memiliki hubungan yang positif antara pajak reklame dengan pendapatan asli derah.
Kata Kunci: Pengaruh, Pajak, Reklame
Regional autonomy imposed in Indonesia reuires the regions to become independent regions by being able to manage their own government affairs. With the burden of regional governments can maximize their regional potential. One of the potentials that can be optimized by the regional government is the financial sector which will later be used as capital to be used as infrastructure development and human resources which will later have an effect on the welfare on society.
The formulation of the problem in this study is to find out how much influence the advertisement ta has on regional income in Sidoarjo Regency. The type of research used is using quantitative estimation and secondary date in the form on time series for the 2013-2017 period. The research variable consisted of the dependent variable namely regional original income (Y) and the independent variable namely advertisement tax (X). the collected data will be analyzed using simple linear regression.
Based on the results of the study show that advertisement tax has an effect on ocal revenue, but not significantly. It is proven by testing where advertisement tax variable with t count equal to 2.576 is smaller than t table 3.182 (t count < t table) or significant value greater than alpha 0.082 > 0,05. But advertisement ta has a positive relationship between advertisement tax and regional real income.
Keyword: Influence, Tax, Advertisment