UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DI UPT SMP NEGERI 31 GRESIK
SCHOOL EFFORTS IN INCREASING THE CHARACTER OF STUDENT RESPONSIBILITY AT UPT SMP NEGERI 31 GRESIK
Pembentukan karakter siswa merupakan suatu hal yang harus diterapkan sejak dini sehingga dapat menjadi kebiasaan yang dapat dilakukan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Karakter tanggung jawab adalah wujud dari kesadaran akan kewajibannya yang harus dijalankan. Proses pembentukan karakter tanggung jawab siswa tidak terlepas dari adanya peranan dari guru, keluarga maupun warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter tanggung jawab siswa di UPT SMP Negeri 31 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Landasan teori pada penelitian ini adalah teori pembentukan karakter oleh Thomas Lickona.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan motivasi serta dorongan kepada siswa dapat membentuk karakter atau kepribadian siswa agar lebih bertanggung jawab. Selain itu upaya yang dilakukan UPT SMP Negeri 31 Gresik dalam meningkatkan karakter tanggung jawab siswa melalui penerapan kegiatan upacara bendera, kegiatan literasi siswa, kegiatan jumat bersih, kegiatan jumat sehat, menerapkan dan membuat media pembelajaran yang menarik minat siswa, penerapan poin-poin pelanggaran dan penghargaan siswa, dan finggerprint siswa. Adanya upaya yang dibentuk sekolah melalui penerapan kegiatan yang dijalankan dapat menjadikan siswa lebih bertanggung jawab. Selain itu, dengan adanya penerapan upaya sekolah melalui penerapan kegiatan yang telah di terpakan secara rutin, berdampak pada penurunan pelanggaran siswa.
Kata kunci : Upaya Sekolah, Pembentukan Karakter, Karakter Tanggung Jawab
The formation of student character is something that must be applied from an early age so that it can become a habit that can be carried out by students in everyday life. The character of responsibility is a form of awareness of the obligations that must be carried out. The process of forming the character of student responsibility is inseparable from the role of the teacher, family and school community. This study aims to describe the process of forming the character of student responsibility at UPT SMP Negeri 31 Gresik. This study used a descriptive qualitative research approach. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use the Miles and Huberman models through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The theoretical basis of this study is the theory of character formation by Thomas Lickona.
The results of the research show that the application of motivation and encouragement to students can shape the character or personality of students to be more responsible. In addition, the efforts made by the UPT SMP Negeri 31 Gresik in improving the character of student responsibility through the implementation of flag ceremony activities, student literacy activities, clean Friday activities, healthy Friday activities, implementing and creating learning media that attract students' interest, implementing violation points and student awards, and student fingerprint. The existence of efforts that are formed by schools through the implementation of activities carried out can make students more responsible. In addition, with the implementation of school efforts through the implementation of activities that have been used regularly, it has an impact on reducing student violations.
Keywords : School Effort, Character Formation, Responsibility Character