Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto
Design Of A Decision Support System For Selecting Extracuriccular Activities Using Fuzzy Tsukamoto Method
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan diluar jam pelajaran yang ditunjukkan untuk membantu perkembangan peserta didik, sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh peserta didik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Proses pemilihan kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo masih dilakukan secara manual, dengan cara siswa mengisi formulir kegiatan ekstrakurikuler yang dibagikan oleh guru. Penelitian pada SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo untuk membantu pihak sekolah melakukan digitalisasi terkait rekomendasi pemilihan kegiatan ekstrakurikuler, melalui aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan ekstrakurikuler. Sistem pendukung keputusan rekomendasi ekstrakurikuler ini menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto dalam penentuan hasil rekomendasi ekstrakurikuler. Metode Fuzzy Tsukamoto adalah metode dimana setiap aturan direpresentasikan dalam suatu himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang monoton. Dalam perancangan sistem pendukung keputusan pemilihan ekstrakurikuler siswa menggunakan framework codeigniter. Dilengkapi dengan banyak library dan helper yang berguna untuk mempermudah proses pengembangan. Framework codeigniter bersifat open source dan dalam pengembangan desain lebih rapi disebabkan proses dan tampilan yang dibangun terpisah. Penggunaan model pengembangan sistem yang tepat dalam penelitian ini adalah metode Agile dimana pengembangan perangkat lunak secara cepat dengan kondisi perubahan kebutuhan yang terjadi dalam waktu relatif singkat.
Kata Kunci— Sistem Pendukung Keputusan, Ekstrakurikuler, Fuzzy Tsukamoto, Agile, Framework Codeigniter.
Extracurriculars are educational activities outside of class hours that are intended to help the development of students, in accordance with their needs, talents and interests through activities organized by students and/or educational staff who are capable and authorized at school. The process of selecting student extracurricular activities at SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo is still done manually, by means of students filling out forms for extracurricular activities distributed by the teacher. Research on SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo to help the school carry out digitalization regarding recommendations for selecting extracurricular activities, through the application of a decision support system for extracurricular selection. This extracurricular recommendation decision support system uses the Fuzzy Tsukamoto method in determining the results of extracurricular recommendations. The Tsukamoto Fuzzy Method is a method in which each rule is represented in a fuzzy set with a monotonous membership function. In designing a decision support system for extracurricular selection students use the codeigniter framework. Equipped with many useful libraries and helpers to simplify the development process. The codeigniter framework is open source and in development the design is neater because the process and display are built separately. The use of the appropriate system development model in this study is the Agile method where software development is rapid with conditions of changing needs that occur in a relatively short time.
Keywords—Decision Support System, Extracurriculars, Fuzzy Tsukamoto, Agile, Codeigniter Framework.