PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MABETA “MAGNET BERHITUNG MATEMATIKA” UNTUK MENGUATKAN KEMAMPUAN NUMERASI PADA SISWA FASE A
Penelitian ini dilakukan berdasarkan dua hal yaitu kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran Matematika di UPT SDN 224 Gresik. Kendala yang berkaitan dengan keterbatasan media pembelajaran dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Situasi ini menyebabkan berkurangnya minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media MABETA dalam materi Penjumlahan dan Pengurangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Alat pengumpulan data berupa lembar validasi, angket tanggapan siswa dan observer, serta tes pretest-posttest. Teknik analisis data berupa kuantitatif dan kualitatif, data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi penggunaan media, kritik, saran dan masukan dari para ahli. Sedangkan data kuantitatif berasal dari nilai validasi media, materi, angket respons siswa dan observer, serta hasil nilai pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas II sebagai subjek uji coba penelitian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa media MABETA yaitu (1) validasi materi dengan nilai 85,41% dengan kategori “layak” digunakan tanpa revisi, validasi media dengan nilai 88,53% dengan kategori “layak” digunakan tanpa revisi, dan validasi soal pretest-posttest dengan kategori “layak”, (2) respon peserta didik terhadap media MABETA mencapai hasil akhir sebesar 94,86%, sementara respons dari observer sebesar 100%, dengan kategori "sangat baik" diterapkan dalam proses pembelajaran. Selain itu, nilai rata-rata pretest-posttest siswa dengan perhitungan N-gain mencapai 0,53 termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil data menunjukkan nilai signifikansi yang menegaskan bahwa media MABETA efektif diterapkan dalam pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan Pelajaran Matematika.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, MABETA, Matematika
This research was conducted based on two things, namely the obstacles and problems faced by teachers and students in learning Mathematics at UPT SDN 224 Gresik. Constraints related to limited learning media can be utilized in learning. This situation causes reduced student interest and motivation to learn. This study uses a type of development research with the aim of knowing the validity, effectiveness, and practicality of MABETA media in Addition and Subtraction material. This research uses the ADDIE model which consists of five steps, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection tools were validation sheets, student and observer response questionnaires, and pretest-posttest tests. Data analysis techniques are quantitative and qualitative, qualitative data obtained through observations of media use, criticism, suggestions and input from experts. While quantitative data comes from media validation scores, materials, student and observer response questionnaires, and pretest-posttest scores. This study involved 24 grade II students as research trial subjects. Based on the results of the study, it was found that MABETA media, namely (1) material validation with a value of 85.41% with the category "feasible" to use without revision, media validation with a value of 88.53% with the category "feasible" to use without revision, and validation of pretest-posttest questions with the category "feasible", (2) students' responses to MABETA media reached a final result of 94.86%, while the response from the observer was 100%, with the category "very good" applied in the learning process. In addition, the average value of students' pretest-posttest with N-gain calculation reached 0.53, including in the category of moderate improvement. Based on the data results, the significance value confirms that MABETA media is effectively applied in learning addition and subtraction materials in Mathematics.
Keywords: Learning Media, MABETA, Math.