ABSTRAK
Putra, Dicky Mahesa. 2018. Pengaruh
Media Trainer LED TV Terhadap Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Perawatan
dan Perbaikan Elektronika Audio Video di
SMK KAL-1 Surabaya Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis,
Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof.
Dr. H. Supari Muslim, Drs., M.Pd., dan (II)
Dr. Euis Ismayati, M.Pd.
Kata-kata Kunci:
media
pembelajaran trainer, kompetensi siswa, berpikir kritis.
Latar belakang penelitian ini adalah masih terdapat sekolah
SMK di Surabaya yang menggunakan media pembelajaran konvensional dalam proses
belajar mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Elektronika Audio Video.
Dampaknya, kegiatan belajar mengajar di dalam kelas tidak dapat berjalan dengan
maksimal. Oleh karenanya, perlu dilakukan penelitian menggunakan media
pembelajaran modern dan orisinil, yakni trainer TV LED di jurusan Teknik Audio
Video. Diharapkan dengan adanya media pembelajaran trainer TV LED, siswa mampu mencapai
kompetensi belajar secara maksimal.
Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan kompetensi siswa yang diajar dengan
menggunakan media pembelajaran trainer LED TV dan siswa yang diajar dengan
menggunakan media pembelajaran trainer TV konvensional; (2) menganalisis
perbedaan antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan siswa
yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; (3) menganalisis interaksi
antara media pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap kompetensi
siswa.
Penelitian ini
adalah jenis penelitian dengan metode eksperimen dan desain penelitian
faktorial yang merupakan modifikasi dari quasi experimental design
dengan teknik Uji ANAVA 2 jalur. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Subjek
penelitian akan dibagi menjadi 2 kelompok, yakni: (1) kelompok eksperimen yang
terdiri dari siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran trainer TV LED;
dan (2) kelompok kontrol yang terdiri dari siswa yang diajar menggunakan
trainer TV Konvensional.
Hasil
penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kompetensi
sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa yang diajar menggunakan media
pembelajaran trainer LED TV, lebih tinggi secara signifikan dibanding
kompetensi siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran trainer TV
konvensional ;
(2) kompetensi siswa yang memiliki
kemampuan berpikir krtitis tinggi, lebih tinggi secara signifikan dibanding
kompetensi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah sikap, pengetahuan,
dan keterampilan; (3) terdapat interaksi secara signifikan antara
penggunaan media pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap
kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan siswa.
ABSTRACT
Putra, Dicky Mahesa. 2018. The
Effect of LED TV Media Trainer on Student Competences in the Subject of
Electronics Maintenance and Repair of Audio Video at Surabaya KAL-1 Vocational
School based on Students' Critical Thinking Ability. Thesis, Technology and
Vocational Education Study Program, Postgraduate Surabaya State University. Advisors:
(I) Prof. Dr. H. Supari Muslim, Drs.,
M.Pd., dan (II) Dr. Euis Ismayati, M.Pd.
Keywords: educational
media trainer, student competences, critical thinking.
The background of this
study is that there are still vocational schools in Surabaya that use
conventional learning media in the learning process of Audio Video Electronics
Maintenance and Repair subjects. As a result, teaching and learning activities
in the classroom can’t work optimally. Therefore, research needs to be done
using modern and original learning media, namely LED TV trainers in Audio Video
Engineering. It is expected that with the presence of LED TV trainer learning
media, students are able to achieve learning competence optimally.
This
study aims to: (1) analyze the differences in student competencies taught by
using LED TV trainer learning media and students taught using conventional TV
trainer learning media; (2) analyze the differences between students who have
high critical thinking skills and students who have low critical thinking
skills; (3) analyze the interaction between learning media and the ability to
think critically on student competencies.
This
type of this study is experimental method and factorial research design which
is a modification of quasi experimental design with 2-way ANOVA test technique.
The research sample was taken by simple random sampling technique. The research
subjects will be divided into 2 groups, namely: (1) an experimental group
consisting of students taught using LED TV trainer learning media; and (2) a
control group consisting of students taught using Conventional TV trainers.
The
results of the study concluded that: (1) the attitudes, knowledge and skills
competencies of students taught using LED TV trainer learning media were
significantly higher than the competencies of students taught using
conventional TV trainer learning media; (2) the competence of students who have
high critical thinking skills is significantly higher than the competency of students
who have critical thinking skills, low attitudes, knowledge, and skills; (3)
there is a significant interaction between the use of instructional media and
the ability to think critically on the competencies of students' attitudes,
knowledge and skills .