Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul berpendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) guna melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi hidrokarbon dan minyak bumi menggunakan metode Research and Development (R&D). Penelitian ini divalidasi oleh 3 ahli, sedangkan uji coba terbatas baru sampai small trial dengan responden 3 siswa SMAN 10 Surabaya kelas XII untuk mendapatkan data kepraktisan dan keefektifan modul yang dikembangkan dalam skala kecil. Percobaan ini mendapatkan hasil validasi ahli sebesar 87% dengan kategori ”sangat valid”, kepraktisan modul sebesar 94% dengan kategori ”sangat praktis” dan keefektifan modul sebesar 0,8 dengan kategori ”tinggi”. Keefektifan modul didapat dari pretest dan postest bahwa 3 siswa memiliki peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah modul diberikan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul berpendekatan SETS materi hidrokarbon dan minyak bumi dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis dan layak diujicobakan kepada responden yang lebih besar untuk mengetahui seberapa praktis dan efektif modul dalam skala yang lebih besar.
The aim of this study is determining the feasibility of a module with the Science, Environment, Technology and Society (SETS) approach to train critical thinking skills on hydrocarbons and petroleum using the Research and Development (R&D) method. This study was validated by 3 experts, while the limited trial was only limited to a small trial with 3 respondents from class XII students of SMAN 10 Surabaya to obtain practical and effective data of modules that developed on a small scale. This experiment obtained 87% expert validation results with the "very valid" category, 94% module practicality with the "very practical" category and module effectiveness of 0.8 with the "high" category. The effectiveness of the module is obtained from the pretest and posttest that 3 students have increased their critical thinking skills after the module is given. Based on this study, it can be concluded that the module with the SETS approach in the material of hydrocarbons and petroleum can practice students’ critical thinking skills and it is feasible to be tested on larger respondents to find out how practical and effective the module is on a larger scale.