NILAI-NILAI PENDIDIKAN SANGHYANG SAMPAT DALAM RITUAL SANGHYANG GRODOG DI DESA LEMBONGAN, KECAMATAN NUSA PENIDA, KLUNGKUNG BALI
SANGHYANG SAMPAT'S EDUCATIONAL VALUES IN THE RITUAL OF SANGHYANG GRODOG IN LEMBONGAN VILLAGE, NUSA PENIDA DISTRICT, KLUNGKUNG BALI
ABSTRAK
Yuda Pramada, I Gede. Nilai-Nilai Pendidikan Sanghyang Sampat Dalam Ritual Sanghyang Grodog Di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung Bali. Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. I Nengah Mariasa, M.Hum dan (II) Dr. Trisakti, M,Si
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Sanghyang Sampat
Ritual Sanghyang Sampat menjadi salah satu bagian dari pertunjukan ritual di Sanghyang Grodog menarik perhatian peneliti karena dipentaskan paling awal dari rangkaian Sanghyang Grodog. Keistimewaannya terletak pada ritual pertama dengan tetap menempatkan fungsi dan makna Sanghyang Sampat dalam kehidupan manusia dan kehidupan di alam semesta untuk selalu membersihkan diri, lingkungannya dan mengandung nilai-nilai pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk Sanghyang Sampat dalam ritual Sanghyang Grodog di Desa Lembongan Kecamatan Nusa Penida, Klungkung Bali, makna Sanghyang Sampat dalam ritual Sanghyang Grodog di Desa Lembongan Kecamatan Nusa Penida, Klungkung Bali dikaitkan dengan fungsi pendidikan dan nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam pertunjukan Sanghyang Sampat pada ritual Sanghyang Grodog di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida Klungkung Bali, serta implikasi penerapannya dalam dunia pendidikan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, karena penelitiannya dilakukan pada kondisi objek yang alamiah objek yang berkembang apa adanya, tidak ada manipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak begitu mempengaruhi dinamika pada objek tersebut.
Hasil penelitian terdapat bentuk ritual tari Sanghyang Sampat ada gerak tari, property tari, iringan tari, tempat pelaksanaan tari, dan busana tari. Makna yang ada dalam tarian ritual Sanghyang Sampat Desa Lembongan terdapat makna sosial, makna estetika dan makna budaya. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan dalam proses pelaksanaan Sanghyang Sampat pada ritual Sanghyang Grodog serta implikasi penerapannya dalam dunia pendidikan terdapat nilai pendidikan karakter religius, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, cinta tanah air, toleransi, komunikatif/bersahabat, dan peduli lingkungan.
ABSTRACT
Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan, Sanghyang Sampat
The Sanghyang Sampat ritual became one part of the ritual performance at Sanghyang Grodog, which attracted the attention of researchers because it was the earliest part of the Sanghyang Grodog series. The specialty lies in the first ritual by still placing the function and meaning of Sanghyang Sampat in human life and life in the universe to always clean oneself, the environment and contain educational values.
This study aims to determine the form of Sanghyang Sampat in the Sanghyang Grodog ritual in Lembongan Village, Nusa Penida District, Klungkung Bali, the meaning of Sanghyang Sampat in the Sanghyang Grodog ritual in Lembongan Village, Nusa Penida District, Klungkung Bali associated with the educational function and educational values contained in Sanghyang Sampat performance at the Sanghyang Grodog ritual in Lembongan Village, Nusa Penida District Klungkung Bali, and the implications of its application in the world of education.
This study uses qualitative research, because the research is carried out on the natural condition of the object, the object that develops as it is, there is no manipulation by the researcher and the presence of the researcher does not really affect the dynamics of the object.
The results of the research show that the form of the Sanghyang Sampat dance ritual includes dance movements, dance properties, dance accompaniment, dance venues, and dance clothing. The meanings in the Sanghyang Sampat ritual dance in Lembongan Village have social meaning, aesthetic meaning and cultural meaning. The values of character education that are instilled in the process of implementing Sanghyang Sampat in the Sanghyang Grodog ritual and the implications of its application in the world of education are the values of religious character education, discipline, hard work, responsibility, love for the homeland, tolerance, communicative/friendly, and caring for the environment.