Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang didesain agar peserta didik dapat menfokuskan dirinya untuk mencapai kompetensi tertentu. Kompetensi ini menuntut siswa untuk aktif mencari tahu, berpartisipasi secara aktif dan kolaboratif, sehingga diperlukan pendekatan khusus yakni pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dilatihkan lewat pembelajaran dengan menggunakan media. Media pembelajaran dapat membantu penyampaian materi yang abstrak menjadi lebih konkrit, maupun materi yang kompleks menjadi lebih sederhana, salah satu contoh materi yang kompleks adalah materi jamur, materi tersebut dapat disajikan dengan menggunakan aplikasi prezi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Prezi yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan pada materi jamur. Pengembangan media pembelajaran tersebut menggunakan metode ASSURE. Kegiatan ini diujicobakan secara terbatas kepada 20 siswa kelas X IPA 4 di SMA Negeri 1 Sidayu, Gresik. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi prezi pada materi jamur dinyatakan valid oleh ahli media, ahli materi, dan guru biologi dilihat dari format media, format isi, dan komponen keterampilan pendekatan saintifik dengan perolehan nilai sebesar 3,9 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dilihat dari hasil aktivitas peserta didik yang memperoleh presentase sebesar 98% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa memperoleh rata–rata sebesar 0,73 dengan kategori tinggi dari hasil perhitungan gain score, dan respon peserta didik dilihat dari perolehan presentase respon positif siswa sebesar 100% dengan kategori sangat efektif.
Kata Kunci : media pembelajaran, Prezi, keterampilan pendekatan saintifik, materi Jamur.
The curriculum of 2013 is a curriculum designed for students, so that students can focus on achieving certain competencies. These competencies require students to actively find out, participate actively and collaboratively, so special approaches are needed as knowns as scientific approach. The scientific approach is trained using learning media. Learning media can facilitate the delivery of abstract matter to be more concrete and complex matter becomes simpler, for example of complex matter is fungus matter. These matter can be presented using the prezi application. This study aims to produce learning media by utilizing Prezi application based on the validity, practicality and effectiveness of fungus matter. The development of learning media uses the ASSURE method. This activity was tested in a limited way to 20 students of class X IPA 4 in SMA Negeri 1 Sidayu, Gresik. The result of the research from the development of learning media with prezi application on fungus matter, were declared valid by expert media, matter experts, and biology teachers viewed from the media format, content format, and scientific approach skills components with the acquisition of 3.9 with very valid categories. Practicality is based on the result of students activities by gaining a percentage of 98% with very practical category. Effectiveness is based on student learning outcomes gained an average of 0.73 with a high category from the Gain Score calculation, and the response of students is based on students positive responses by 100% in the very effective category.
Keywords: learning media, Prezi, scientific approach skills, Fungus matter.